Menu

SD Andaleh Juara Cerdas Quran se-Kabupaten Limapuluh Kota

  Dibaca : 98 kali
SD Andaleh Juara Cerdas Quran se-Kabupaten Limapuluh Kota
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota Indrawati dan Direktur Padang TV, Rita Gusveniza dan jajaran bersama pemenang Grand Final Cerdas Quran Tingkat SD se-Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (30/8).

LIMAPULUH KOTA, METRO–Setelah melalui per­saingan yang sangat ketat, akhirnya SD Andaleh Ke­camatan Luak, berhasil tampil sebagai juara dalam ajang Cerdas Al Quran tingkat SD se Kabupaten Limapuluh Kota.

SD Andaleh ini berhasil mengungguli dua tim lain. Yaitu, SDIT Ar-Rahman, Kecamatan Lareh Sago Halaban juara II, dan SDN 03 Guguak VIII Koto juara III, setelah dominan me­raih poin pada babak re­butan.

Pada segmen rebutan ini, terlihat masing-masing tim menguasai setiap per­tanyaan yang disampaikan juri. Tetapi kecepatan dan ketepatan dalam sangat menentukan.

Kepala Dinas Pendi­dikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Ko­ta Indrawati yang hadir langsung pada ajang grand final tersebut, tidak henti-hentinya memberikan se­mangat kepada peserta. Indrawati menekankan, program Cerdas Al Quran ini event yang sangat baik dalam menciptakan ge­nerasi yang cerdas dan saleh.

“Menciptakan generasi yang cerdas Al Quran ada­lah program unggulan dari Bapak Bupati Limapuluh Kota. Karena itu, kita se­bagai instansi pendidikan sangat mendukung acara ini dan akan menjadi program unggulan kita di Ka­bupaten Limapuluh Kota” ungkap Indrawati.

Indrawati mene­kan­kan, program Cerdas Al Quran yang digelar Padang TV bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabu­paten Limapuluh Kota men­dapat dukungan yang maksimal dari Bupati Lima­puluh Kota, Safaruddin.

Direktur Padang TV, Rita Gusveniza juga me­nga­presiasi seluruh pe­serta yang ikut meme­riahkan program Cerdas Al Quran tersebut. Menu­rut­nya program ini meru­pa­kan gerakan besar Padang TV bersama Kabupaten Limapuluh Kota dalam mem­bumikan dan syiarnya Al Quran di Sumatera Barat.

“Terimakasih kepada Kapolda Sumbar, Bupati Limapuluh Kota dan jaja­ran Dinas Pendidikan yang ikut mensuport terseleng­garanya acara ini. Insya Allah program cerdas Al Quran ini akan juga digelar di kabupaten dan kota lain di Sumatera Barat,” terang Rita Gusveniza.

Jalannya Perlombaan

Persaingan sengit ter­lihat dalam Grand Final Cerdas Al Quran tingkat SD se-Kabupaten Lima­puluh Kota, Senin (30/8), yang disiarkan secara lang­sung stasiun Padang TV.

Peserta yang meru­pa­kan siswa-siswi terbait ter­sebut, sebelumnya berji­baku dalam babak penyi­sihan, semifinal dan final. Mereka yang berhasil ma­suk ke babak grand final adalah SDIT Ar-Rahman Kecamatan Lareh Sago Halaban, SDN 03 Andaleh Kecamatan Luak dan SDN 03 Guguak VIII Koto keca­matan Guguak.

Kejar mengejar poin dalam adu ketangkasan dalam menguasai isi Al Quran, membuat penon­ton tidak henti-hentinya memberikan tepuk tangan.

Pada babak sambung ayat terlihat betul bagai­mana siswa-siswi mengua­sai dan menghapal Al Qur­an. Pada babak ini berhasil dilalui oleh semua peserta.

Kemudian berlanjut pa­da babak adu cermat. Di mana setiap tim harus bisa menjawab pertanyaan  da­ri dewan juri, seperti nama surat, posisi surat bahkan mengartikan ayat yang dibacakan dewan juri.

Pada adu cermat ini, juga berhasil dilalui peserta dengan menyabet semua poin yang disediakan. Per­saingan sengit juga terus berlangsung, karena poin dari tiga tim yang saling kejar-kejaran dan hanya berjarak cukup tipis.

Persaingan tidak kalah ketat juga terjadi di segmen babak rebutan yang ter­sedia 10 pertanyaan. Di mana kecepatan dan k­e­cer­matan peserta sangat menentukan  siapa yang bisa mengumpulkan poin paling banyak.

Setelah saling kejar-kejaran angka, akhirnya SDN 03 Andaleh Keca­ma­tan Luak berhasil me­ngung­guli dua sekolah lain dan tampil sebagai pe­menang dalam babak Grand Final Cerdas Al Qur­an tingkat SD se-Kabu­paten Limapuluh Kota. Jua­ra II diraih SDIT Ar-Rah­man Kecamatan Lareh Sa­go Halaban dan diikuti juara III diraih SD 03 Gu­guak VIII Koto. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional