Close

Sawahlunto Peringati Tahun Baru Islam 1444 H, Jalan Provinsi Dipadati Ribuan Masyarakat  

DIPADATI WARGA—Pawai obor dalam memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram di Sawahlunto, jalan provinsi dipadati warga yang datang dari berbagai pelosok.

SAWAHLUNTO, METRO–Sawahlunto peringati Tahun Baru Islam 1444 H, kegiatan itu dimotori oleh Sekolah Alam Talago (TK/SD IT), Jumat (29/7) malam usai  shalat Isya. Ribuan warga Kota Sawahlunto, padati jalan provinsi di Desa Santur, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto. Antusias warga terlihat dengan tumpah membanjiri jalan sepanjang satu kilometer mengikuti kirab pawai obor sambut Tahun Baru Islam 1444 H itu.

Kirab pawai obor itu dilepas secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Sa­wahlunto, H. Dedi Wandra, S.Ag,MA di Simpang Santur,  Kecamatan Barangin dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian se­tempat termasuk Dishub , Dinkes dan pihak terkait lainnya ikuti kirab pawai obor itu perdana di selenggarakan pihak sekolah.

Hampir seluruh warga yang berjejer disepanjang jalan menyaksikan kirab pawai obor itu. Bahkan warga juga ikut meramaikan kirab pawai obor yang diselenggarankan Se­ko­lah Alam Talago (TK/SD IT) tersebut.Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Sa­wahlunto, H. Dedi Wandra, S.Ag,MA, menyebutkan, Tahun baru Islam 1 Muharram menjadi hal yang istimewa.  “Saya bangga dengan Sekolah Alam Talago menyelenggarakan kirab pawai obor ini,” kata Dedi.

Bahkan, kata Dedi, ma­syarakat di beberapa da­erah merayakannya de­ngan suka cita melalui tradisi yang sudah dilakukan secara turun temurun termasuk di Sumatera Barat dan khusus yang diselenggarakan Sekolah Alam Talago.”Momen pergantian tahun dalam ka­lender Islam ini kerap dijadikan waktu untuk memanjatkan doa sekaligus menggelar berbagai tradisi. Tujuan utama dari gelaran tradisi Tahun Baru Islam 1 Muharram ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur,”tambah Bang Dewa begitu sapaan akrab Kakanmenag Kota Sa­wahlunto itu.

Untuk diketahui, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H kali ini bertepatan dengan 30 Juli 2022. Peringatan itu dilaksanakan Sekolah Alam Talago (TK/SD IT) Kecamatan Bara­ngin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Bahkan kegiatan itu untuk pertamakali dilaksanakan se­kolah di Kota Sawah­lunto. Kepala SDIT Alam Talago, Delvia Sepniwati,S.Pd selaku ketua panitia pelaksana kegiatan. Mengaku merasa senang atas ter­selenggarakannya kegiatan tersebut.

”Sekolah Alam Talago (TK-SD IT) dibawah naungan Yayasan Raudhatul mengaturkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Kirab Pawai Obor dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 H,”kata bunda Del begitu sapaan akrab Delvia Sepniwati yang diamini Delvia Aflinda,S.Pd (Kepsek TK Alam Talago) yang juga sekretaris ke­giatan.

Di hadapan Wakil Walikota, Zohirin Sayuti, ke­tua panitia kirab pawai obor, mengatakan, saat ini Sekolah Alam Talago belum memiliki Mushola. Ia berharap agar Pemko juga ikut memperhatikan.  “Kini anak-anak sholat hanya dilokal masing-ma­sing, ”jelasnya.

Beda dengan Ketua Pengawas Yayasan Rau­dhatul Jabal, Yusrizal, ia justeru menyampaikan struktur yayasan dengan memperkenalkan pe­ngu­rus. Usai kirab pawai obor, kegiatan dilanjutkan de­ngan acara Muhasabah, Tabliq Akbar yang disampaikan uztad Yusriman Taufik yang diawali pembacaan kalam illahi.

Kegiatan pawai obor itu sendiri diikuti ribuan peserta, terdiri dari siswa, guru, walimurid dan pihak Yayasan Raudhatul Jabal, masyarakat dan sejumlah mahasiswa yang ber-KKN di Desa Santur juga tum­pah pada Kirab Pawai Obor perdana diselenggarakan sekolah di Kota Sawahlunto.

Wakil Walikota Sa­wah­lunto, Zohirin Sayuti, mengaku bangga atas kegiatan tersebut. “Ini perdana dilaksanakan di sekolah yang dilaksanakan Seko­lah Alam Talago. Berbanggalah bapak-ibu karena menyekolahkan anak-a­nak di Sekolah A­lam Talago sebagai calon pemim­pin dan ahli surga. Selain matapelajaran u­mum di Sekolah Alam. Talago juga dilengkapi matapelajaran aga­ma, ”pungkasnya. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top