Close

Sawahlunto Gelar Shalat Ied di 63 Titik

PBHI— Kondisi Kota Sawahlunto dilihat dari ketinggian. Tahun ini, PHBI Kota Sawahlunto telah mempersiapkan sebanyak 63 lokasi Shalat Idul Fitri. (zeki satria/posmetro )

SAWAHLUNTO, METRO – Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kota Sawahlunto telah mempersiapkan sebanyak 63 lokasi Shalat Idul Fitri 1449 Hijriah nanti. Hal itu seperti dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Sawahlunto, Idris Nazar, di Sawahlunto, Sabtu (25/5).

Lokasi tersebut, lanjut Idris, tersebar di empat kecamatan dengan rincian 16 lokasi di Kecamatan Barangin, 30 lokasi di Kecamatan Talawi, 7 lokasi di Kecamatan Silungkang dan 10 lokasi di Kecamatan Lembah Segar.

“Penetapan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi lintas sektoral yang dihadiri Kakankemenag, Pemko, Dinas Kesehatan serta pejabat di lingkungan Kankemenag Kota Sawahlunto pada 23 Mei 2019 lalu,” katanya.

Selain itu ungkap Idris, PHBI juga menyiapkan khatib dan imam di masing-masing lokasi shalat Idul Fitri agar dalam pelaksanaannya nanti berjalan lancar. “Dalam rapat tersebut kami juga membahas pesan dakwah yang akan disampaikan oleh khatib. Pesan dakwah hendaknya tidak provokatif akan tetapi menyejukkan umat,” ujarnya.

Sementara itu terang Idris, untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri tingkat Kota Sawahlunto akan dipusatkan di Lapangan Ombilin Sawahlunto di Kelurahan Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar.

“Jika terjadi hujan saat pelaksanaan, sejumlah tempat sudah disiapkan untuk menampung jamaah. Seperti Masjid Agung Nurul Islam, Masjid Nurul Ikhlas, Masjid Al Munawwarah, Masjid Al Hidayah dan Masjid Al Irsyad. Semua itu berdekatan dari lapangan tersebut,” tuturnya.

“Untuk malam takbiran, seperti tahun sebelumnya dipusatkan di Masjid Agung Nurul Islam dan ini sudah dibahas termasuk pengamanan oleh pihak kepolisian,” kata Idris lagi. (zek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top