Menu

Sawah Landek Dilanda Longsor

  Dibaca : 106 kali
Sawah Landek Dilanda Longsor
Jorong Sawah Landek, Nagari Batagak, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam dilanda longsor. Longsor terjadi diduga akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.

AGAM,METRO
Tingginya curah hujan yang terjadi sejak Sabtu (7/11) hingga Minggu (8/11) dini hari mengakibatkan Jorong Sawah Landek, Nagari Batagak, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam dilanda longsor.

Beruntung dalam kejadian tengah malam itu tidak ada korban jiwa meski lokasinya cukup dekat dengan permukiman warga. Namun, sejumlah warga sempat cemas karena akibat saluran dekat permukiman tersumbat material longsor membuat air naik.

Seperti diketahui, daerah Jorong Sawah Landek, Nagari Batagak berada di kemiringan. Titik longsor berada pada lahan persahawan salah seorang warga yang berada di kaki bukit dan posisinya lebih tinggi dibandingkan permukiman warga yang jaraknya cukup dekat.

Beruntung material longsor tidak sampai ke permukiman warga karena masih terhambat bandar air. Meski demikian, air sempat tergenang dan masuk ke salah satu rumah warga karena saluran tertutup material tanah.

Camat Sungai Pua, Syafrizal mengatakan, panjang sebaran material longsor ada sekitar 150 meter dengan lebar 50 meter. “Pagi tadi masyarakat sudah mulai melakukan pembersihan material dengan cara bergotong royong,” ujarnya.

Saluran air yang sebelumnya tertutup, katanya, saa sudah kembali terbuka, begitu juga dengan rumah warga juga sudah dilakukan pembersihan.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kita minta masyarakat tetap waspada mengingat cuaca masih penghujan,” ungkapnya.(pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional