Menu

Satwa Langka Binturong Dilepas

  Dibaca : 76 kali
Satwa Langka Binturong Dilepas
LEPAS SATWA DILINDUNGI— Petugas Resort Konservasi wilayah Pasaman saat melepas Arctictis binturong di kawasan hutan cagar alam Rimbo Panti.

PASAMAN, METRO
Petugas Resort Konservasi wilayah Pasaman melepas satwa langka dan dilindungi jenis Binturong (Arctictis binturong) di kawasan hutan Cagar Alam Rimbo Panti.

Diketahui, Binturong merupakan jenis satwa mamalia dari keluarga musang yang memiliki ekor panjang dan tubuh yang besar. Panjang tubuhnya mencapai 60 cm hingga 95 cm, serta panjang ekor mencapai 50 cm hingga 90 cm. Berat binturung antara 6 kg sampai 14 kg, bahkan hingga mencapai 20 kg.

”Satwa tersebut ditemukan dan diserahkan salah seorang warga Tanjung Medan, Nagari Panti Selatan Kecamatan Panti bernama Yopi,” jelas Kepala Resort Pasaman BKSDA Rusdiyan.

Dijelaskan Rusdiyan, bulu atau rambut binturung panjang dan kasar dengan warna hitam kecokelatan disertai taburan uban keputih-putihan atau kemerahan merupakan salah satu pembeda dengan musang.

“Satwa ini adalah hewan nokturnal yang aktif pada malam hari. Binturong termasuk hewan arboreal dan terestrial, sebab ketika ia sering berada diatas pohon, namun juga turun ke lantai hutan,” terangnya.

Bunturong mempunyai beberapa ciri khas, kata dia, seperti ekor yang dapat berfungsi sebagai kaki kelima untuk berpegangan pada dahan-dahan pohon, serta memiliki organ berupa penis palsu (pseudo-penis) pada binturong betina.

“Sesuai dengan peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan nomor: P. 106 tahun 2018 dan undang undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, Binturong termasuk ke dalam jenis satwa yang dilindungi,” tutupnya. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional