Menu

Satukan Pemahaman Wistara II Melalui Rakor

  Dibaca : 72 kali
Satukan Pemahaman Wistara II Melalui Rakor
RAKOR— FKS Bukittinggi gelar Rakor dalam menyatukan pemahaman dalam menuju Wistara II.

BUKITTINGGI, METRO
Pengurus Forum Kota Sehat (FKS) Kota Bukittinggi melaksanakan rapat koordinasi di Sekretariat FKS, Sabtu (1/5). Rapat dilakukan untuk menyatukan pemahaman menuju Bukittinggi kota yang sehat dan kembali meraih Swasti Saba Wistara II.

Ketua FKS Bukittinggi melalui Wakil Ketua Ali Rahman menjelaskan, Rakor kepengurusan FKS periode 2021-2024 ini, perdana dilaksanakan setelah dilantik, Kamis (29/4) lalu. Seluruh anggota forum dimintai pendapat dan masukan, agar menjadi satu pemahaman menuju penilaian kota sehat 2021.

“Hari ini kita menyamakan persepsi, mengenal tatanan yang ada. Karena beberapa waktu sebelum ini, pengurus yang lama juga sudah melakukan koordinasi dengan SKPd terkait, tentu saat ini sudah ada data yang masuk. Untuk itu, sekalian kita persiapkan dan pengimputan data berdasarkan tatanan yang ada,” jelas Ali.

Sekretaris FKS Fakhrur Arrazi menambahkan, FKS Bukittinggi akan mengusulkan enam tantanan untuk penilaian tahun ini. Tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan tata tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi. Dan, tatanan pariwisata sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan kehidupan sosial sehat, serta upaya pengendalian dan penanganan Covid-19.

“Jadi karena punya waktu yang sangat sedikit sekali, makanya semua harus bergerak cepat. Beberapa SKPD sudah memberikan data. Sekarang sudah kita mulai bersama melakukan input data yang telah masuk dari beberapa SKPD. Dalam minggu depan kita akan kembali menjemput data ke SKPD untuk kita input lagi,” ujar Fakhrur.

Sementara, Anggota DPRD Bukittinggi Asril bersama Syafril, yang juga merupakan pengurus FKS Bukittinggi, mengapresiasi langkah cepat dari pengurus untuk mengumpulkan data. Selain itu, juga telah direncanakan untuk turun ke kelurahan dalam pembinaan pokja kelurahan sehat.

“Ini tentu sangat penting sekali. Kami yang saat ini juga duduk di DPRD, akan berupaya membantu dalam penganggaran ataupun support lainnya untuk mewujudkan Bukittinggi kota sehat. Salah satunya anggaran untuk kegiatan pokja kelurahan. Sehingga kegiatan masyarakat yang berdampak pada peningkatan kebersihan dan kesehatan masyarakat dapat dilaksanakan secara maksimal, tentunya melalui koordinasi serta sinergi dengan Forum Kota Sehat,” ujar Asril.

Pengurus FKS Bukittinggi juga akan terus berkoordinasi dengan pembina dan tim teknis dari Pemko Bukittinggi. Sehingga prestasi Swasti Saba Wistara dapat dipertahankan untuk kedua kalinya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional