Menu

Satu Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, Layanan Puskesmas Mapaddegat Ditutup Sementara

  Dibaca : 85 kali
Satu Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, Layanan Puskesmas Mapaddegat Ditutup Sementara
Puskesmas Mapaddegat di Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kapulauan Mentawai .

MENTAWAI, METRO
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Kesehatan terpaksa melakukan penutupan sementara Puskesmas Mapaddegat, mengingat adanya satu orang tenaga kesehatan Puskesmas Mapaddegat dinyatakan positif Covid-19. Penutupan pelayanan Puskesmas tersebut merupakan bentuk langkah cepat yang dilakukan Dinas Kesehatan Mentawai untuk segara memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Kecamatan Sipora Utara.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin mengatakan, penutupan sementara Puskesmas tersebut dilakukan setelah pihaknya memberikan laporan ke pada Bupati Mentawai. Kemudian melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Penanganan Penularan Covid-19 Kepulauan Mentawai dan Camat Sipora Utara.

“Kami langsung mengambil langkah penutupan Puskesmas untuk mengantisipasi penyebaran. Kami juga meminta maaf kepada masyarakat karena Puskesmas Mapaddegat tidak bisa melayani kesehatan untuk sementara demi keselamatan bersama,” ungkap Lahmuddin.

Terkait dengan satu orang tenaga kesehatan yang dinyatakan positif tersebut. Saat ini sedang menjalani perawatan secara intensif di RSUD. Sebelumnya, dia dinyatakan positif setelah keluar hasil pemeriksaan sampel spesimen labolatorium Fakultas Unand.

Untuk memastikan kondisi seluruh petugas yang ada di Puskesmas Mapaddeget, Dinas Kesehatan langsung memerintahkan pihak Puskesmas untuk menutup sementara pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut . Kemudian, mewajibakan seluruh tenaga kesehatan dan pegawai melakukan karantina mandiri yang ketat dan swab test pertama dan kedua.

Tidak hanya itu, agar pelayanan kesehatan masyarakat tetap terlaksana , pihaknya juga meminta pelayanan kesehatan dialihkan untuk sementara ke RSUD dan Puskesmas pembantu (Pustu).

“Sementara untuk pengamanan di Puskesmas harus tetap dilaksanakan seperti biasa dengan protokol kesehatan,” tegas Lahmuddin.

Kepala Puskemas Mapaddegat, Steffanie Ribkha Euodia membenarkan penutupan sementara waktu, sampai hasil swab kedua keluar. “Saat ini kita sedang melakukan tes swab seluruh staf di Pukesmas ini termasuk para relawan ikut swab juga,” ungkapnya.

Katanya, ada sekitar 95 petugas, baik yang bertugas di Posko Covid-19 di pelabuhan ikut diswab.”Jika hasil swab kedua keluar dengan hasilnya negatif pelayanan kesehatan akan kembali dibuka, sementara ini petugas melakukan karantina mandiiri,” tutupnya.(s)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional