Menu

Satu Rumah, Satu Hafiz di Kabupaten Tanah Datar

  Dibaca : 72 kali
Satu Rumah, Satu Hafiz di Kabupaten Tanah Datar
FOTO BERSAMA—Bupati Eka Putra foto bersama usai kegiatan  di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

TANAHDATAR, METRO— Diawali lantunan ayat suci Al quran dari putri sulung Bupati Tanah Datar Nurmala Eka Putri, program satu rumah satu ha­fidz di Kabupaten Tanah Datar, Kamis malam (19/8) resmi dilaunching Bupati Eka Putra, di gedung Indo Jolito Batusangkar. ke­gia­tan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya katakan program satu rumah satu ha­fidz/zah dilaunching berte­patan 10 Muharram atau hari Assyura ini bertujuan untuk mendapatkan ke­berkahan dari Allah SWT, yang sudah tentu diha­rapkan oleh semua orang.

”Dengan keberkahan, penduduk suatu negeri akan hidup dengan aman, tentram, makmur, subur, dipenuhi dengan kebaikan dan kebahagiaan, dalam bahasa al quran disebut baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Seperti yang diterangkan dalam firman Allah SWT dalam surah Al A’raf ayat 96, disana Allah menegaskan “jika penduduk suatu ne­geri beriman dan bertaq­wa, pastilah Kami limpah­kan mereka keberkahan dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (a­yat-ayat kami) itu, maka Kami siksa mereka karena perbuatan mereka,” te­rang Eka Putra.

Lebih lanjut di­sam­pai­kan, perkembangan pem­binaan hafizh Al quran di Tanah Datar dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan dan kema­juan.

”Pada tahun 2016 yang lalu ketika dicanangkan program kabupaten tahfizh hanya 6 rumah tahfizh, Alhamdulillah pada tahun 2021 ini kita telah memiliki 237 rumah tahfizh, kita telah melaksanakan 5 kali kegiatan waqaf 1.000 ha­fizh, Insya Allah pada bulan oktober nanti akan dila­k­sanakan waqaf 1.000 hafizh ke 6. Kalau kita hitung ber­dasarkan yang ada di e-Tahfizd ada sekitar 10 ribu lebih hafidz/hafizahah ber­dasarkan jumlah santri dan rumah tahfizh serta kelu­lusan pada kegiatan waqaf 1000 hafidz,” kata Bupati.

Bupati Eka Putra juga terangkan, program satu rumah satu hafidz/ah ini sebenarnya telah dimulai 1 tahun yang lalu di Nagari Rao-rao kecamatan Sungai Tarab, Nagari Pandai Sikek dan Paninjauan kecamatan X Koto dan Nagari Tanjung Barulak kecamatan Bati­puh.

Di kesempatan itu, Bu­pati juga mengajak kepada yang hadir pada acara tersebut dan seluruh ma­syarakat kabupaten Tanah Datar untuk mendukung dan mensukseskan program satu rumah satu ha­fidz. “Mudah-mudahan de­ngan semangat dan duku­ngan dari seluruh masya­rakat insya Allah program ini bisa tercapai,” harap Eka Putra

Sementara Pembina Rumah Tahfidz Kabupaten Tanah Datar yang juga sebagai Kabag Kesra H. Afrizon dalam laporannya sampaikan program ini merupakan program ber­kelanjutan dan tidak akan selesai dalam kurun waktu 5 tahun, namun akan ber­jalan terus menerus.(ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional