Menu

Satu lagi Pasien Positif Covid-19 Meninggal

  Dibaca : 253 kali
Satu lagi Pasien Positif Covid-19 Meninggal
Jasman Rizal , Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar

PADANG, METRO
Penambahan warga Sumatra Barat (Sumbar) yang dinyatakan positif terpapar virus corona atau Covid-19 masih terus mengalami lonjakan. Bahkan, di Hari Kemerdekaan RI ke-75 tahun, Senin (17/8) dilaporkan adanya penambahan 28 orang warga Sumbar yang positif Covid-19, sehingga total kasus positif tembus pada angka 1.375.

Tidak hanya itu saja, kabar dukanya, satu orang pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di RSUP M Djamil Padang dilaporkan meninggal dunia. Dengan bertambahnya satu pasien positif meninggal, jumlah yang meninggal saat ini sudah 41 orang. Sedangkan pasien sembuh bertambah 18 orang, sehingga total sembuh 914 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, dari hasil pemeriksaan 1.988 spesimen di Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, terkonfirmasi tambahan 26 orang warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19.

“Rinciannya, dari 26 kasus baru ini, 11 orang berasal dari Kota Padang, 12 orang dari Kabupaten Tanah Datar, dua orang dari Kota Bukittinggi, dan satu orang dari Kabupaten Agam.

ntuk pasien sembuh, 18 orang berasal dari Kota Padang dan Kota Solok,” kata Jasman.

Dijelaskan Jasman, 26 kasus baru ini pekerjaannya beragam, ada yang sekuriti, kontraktor, ibu rumah tangga (IRT), pelajar, pensiunan, Aparatur Sipil Negara (ASN), guru, pegawai, karyawan swasta, pedagang pasar dan tenaga kesehatan. Mereka ada yang terpapar dari tempat pekerjaan, perjalanan dari luar provinsi hingga terpapar dari kasus konfirmasi.

“Terkait satu pasien positif Covid-19 yang meninggal merupakan pria 56 tahun, warga Talawi Kota Sawahlunto dan meninggal dunia ketika menjalani perawatan di RSUP M Djamil Padang. Yang bersangkutan bekerja sebagai tukang ojek dan diduga terpapar dari penumpangnya,” jelas Jasman.

Jasman menjelaskan, saat ini jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di berbagai rumah saki sebanyak 128 orang. Isolasi mandisi 228 orang, isolasi daerah delapan orang dan isolasi di BPSDM sebanyak 56 orang. Total yang masih berstatus positif adalah 420 orang.

“Dari 19 Kabupaten Kota se-Sumbar, setelah 23 Minggu masa status tanggap darurat pandemi Covid-19 diberlakukan, kategori daerah berdasarkan zona yaitu enam daerah berstatus Zona Orange, Kabupaten Solok, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar, Kota Sawahlunto, Kabupaten Agam.

“Zona Kuning sembilan daerah yaitu, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman Barat dan Kota Solok. Sedangkan Zona Hijau, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Limapuluh Kota,” pungkasnya. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional