Close

Satpol PP Damkar Gelar Pelatihan Bagi Anggota Satlinmas, Fadly Amran: Kolaborasi dengan Masyarakat sangat Dibutuhkan

PELATIHAN SATLINMAS— Wako Padangpanjang Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano usai membuka kegiatan foto bersama dengan para peserta pelatihan.

PDG.PANJANG, METRO–Guna meningkatkan ke­tenteraman dan ketertiban masyarakat Kota Padang Panjang, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Dam­kar) gelar Pelatihan Pemberdayaan Perlindu­ngan Masyarakat bagi Ang­gota Satuan Perlindu­ngan Masyarakat (Satlinmas), di Aula Damkar, Selasa (7/6).

Wali Kota, H. Fadly Am­ran, BBA Datuak Paduko Malano saat membuka pe­latihan ini mengatakan, tugas dalam ketenteraman dan ketertiban masyarakat ini bukan hanya tugas pemerintah. Namun juga butuh kolaborasi bersama masyarakat lainnya. “Kola­borasi dengan masyarakat ini sangat kita dibutuhkan. Bapak-bapak dan ibu-ibu adalah perwakilan yang sudah diamanahkan dalam menjalankan tugas ini. Mari kita ciptakan Kota Padang Panjang yang tenteram, tertib dan nyaman,” ujar­nya.

Wako Fadly juga me­nyebutkan, bagi yang su­dah diamanahkan, mempunyai tupoksi dan tanggung jawab yang lebih besar. Sehingga pelatihan ini dirasa sangat penting dan harus betul-betul dipahami apa saja elemen dan fungsi tugas nantinya.

“Sekali lagi kolaborasi itu sangat dibutuhkan, se­perti bagaimana berkomunikasi dengan camat, lurah maupun pihak yang akan terlibat nantinya. Sebagai garda terdepan, Satlinmas ini sangat dibutuhkan. Ba­gaimana penanganan yang tepat, ambillah pengetahuan tersebut pada pelatihan selama dua hari ini,” tuturnya lagi.

Sementara itu Kasatpol PP Damkar, Drs. Alber Dwitra, M.M menyebutkan, Kota Padang Panjang yang menjadi kota transit dan perlintasan regional, sa­ngat berpengaruh terha­dap perkembangan dan kemajuan kota. Namun di sisi lain merupakan salah satu pemicu munculnya permasalahan ketertiban umum dan penyakit ma­syarakat yang akan mengganggu ketenteraman ma­syarakat.

“Untuk itu, keterlibatan dan peran aktif masya­rakat dalam menjaga ling­kungan sangat dibutuhkan, seperti adanya Satlinmas. Anggota yang profesional dan terampil dalam melaksanakan tugas di lapangan, salah satu upaya yang dilakukan dengan pelatihan ini,” sebut Alber.

Pelatihan tersebut digelar selama dua hari dengan kegiatan pelatihan dan simulasi pemadam keba­karan. Jumlah anggota Satlinmas sebanyak 50 o­rang yang berasal dari kelurahan dan kecamatan.

“Pelatihan ini kita berikan dengan materi yang juga berasal dari Kantor Basarnas dengan materi kesiapan menghadapi bencana. Dari Polres Padang Panjang mengenai materi kesiapan masyarakat menjaga keamanan lingkungan. Dari Satpol PP mengenai materi mencari kebijakan penyelenggaraan dan perlindungan penegakan peraturan daerah di lingku­ngan masyarakat,” jelas­nya. Ikut hadir perwakilan Basarnas, camat dan lurah se-Kota Padang Panjang, serta undangan lainnya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top