Close

Satlinmas Satpol PP Padang Dibekali Pelatihan Pencegahan Kebakaran

PENINGKATAN KAPASITAS— Sebanyak 20 anggota Bidang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) diberi pelatihan peningkatan kapasitas pencegahan kebakaran di Mako Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Senin (21/11).

TAN MALAKA, METRO–Anggota Satpol PP Padang dibekali kemampuan peningkatan kapasitas pencegahan kebakaran. Sebanyak 20 anggota Bidang Satuan Perlindungan Ma­sya­rakat (Satlinmas) diberi pelatihan di Mako Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Senin (21/11).

Plh Kepala Satpol PP Kota Padang, Andree Al­gamar mengatakan, aksi pelatihan peningkatan kapasitas pencegahan kebakaran bagi anggota Bi­dang Satlinmas Satpol PP Kota Padang sangat penting.

“Sesuai tupoksi Satlinmas, mereka bukan saja menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Padang, namun juga garda terdepannya Pemko Padang dalam menangani bencana bersama masyarakat di Kota Padang,” ujarnya

Menurutnya, tujuan diadakan pelatihan ini sebagai bekal kesiapan ma­syarakat dalam antisipasi dan menanggulangi kebakaran lebih awal. Dengan keterampilan yang diberikan ini, diharapkan Anggota Linmas berperan aktif apabila terjadi kebakaran bersama ma­sya­ra­kat nantinya.

“Pelatihan ini selain mempererat kekompakan juga membekali Satlinmas agar lebih cekatan dalam menangani bencana nanti,” tambahnya.

Selain aksi pelatihan pemadaman api yang dibe­rikan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Satlinmas juga melakukan praktik langsung cara men­jinakkan ular liar, aksi pelatihan penanganan kebakaran tabung gas dan pengenalan alat-alat pemadam kebakaran.

“Jadi, kali ini kami berikan pelatihan penanganan bahaya kebakaran skala kecil seperti kebakaran tabung gas yang sering terjadi di masyarakat, mudah-mu­dahan dengan pelatihan ini nantinya juga dapat mem­berikan pemahaman ke­pada warga di ling­kungan tempat tinggal me­reka,” imbuh Kadis Dam­kar Budi Payan.

Menurutnya, sejak materi awal yakni pelatihan dasar, semua anggota sangat antusias mengikuti komando, termasuk saat di­be­rikan pelatihan cara me­ngatasi bahaya kebakaran skala kecil seperti halnya penanganan api pada selang tabung gas, hingga pengenalan alat-alat Pemadam Kebakaran.

“Meski waktunya terbatas, namun kita berharap Satlinmas Satpol PP Pa­dang mampu untuk me­mini­malisir bencana keba­karan dan bisa berkalaborasi nantinya di lapangan,” harapnya. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top