Menu

Satgas TMMD/N ke-111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota, Gali Potensi Budidaya Porang

  Dibaca : 65 kali
Satgas TMMD/N ke-111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota, Gali Potensi Budidaya Porang
BUDIDAYA PORANG— Anggota Satgas TMMD/N ke-111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota menggali potensi budidaya porang, dengan mengunjungi perkebunan porang milik warga di Jorong Kampung Tangah, Nagari Talang Maur.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa/ Nagari (TMMD/N) ke-111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota menggali po­tensi budidaya porang, dengan mengunjungi per­ke­bunan porang milik salah satu warga di Jorong Kam­pung Tangah, Nagari Ta­lang Maur.

Potensi porang ini sa­ngat menraik perhatian, mengingat lokasi perkebu­nannya berada di dekat lokasi pelaksanaan TMMD/N ke-111. Porang adalah tanaman umbi-umbian yang bisa diolah menjadi mie, beras, dan tepung serta bahan baku olahan maka­nan dan industri.

Peluang usaha dari bu­di­daya porang ini dinilai sangat besar dikarenakan banyaknya permintaan yang datang dari dalam dan luar negeri.

Efendi selaku pemilik kebun mengungkapkan, olahan makanan dari po­rang ini nantinya akan diekspor ke China, Singa­pura, Korea dan negara lainnya.

“Oleh karena itulah po­rang dikembangkan de­ngan baik dan juga berha­rap ke depannya petani lain ikut membudidayakan dan mengembangkan usa­ha ini. Kita berterimakasih atas kunjungan Anggota Satgas TMMD/N. Ini men­jadi supor bagi kita petani porang,” harapnya.

Kunjungan yang dila­kukan Anggota Satgas T­M­MD/N berjalan dengan baik dan lancar. Setelah mela­kukan kunjungan pa­da hari Minggu (4/7) ini, Anggota Satgas TMMD/N langsung kembali ber­tu­gas untuk melanjutkan pembukaan jalan menuju Nagari Maek.

Kunjungi Kebun Jahe

Tidak hanya mengun­jungi dan memberi suport petani porang, Satgas TM­MD/N juga memberikan semangat kepada petani jahe di lokasi pelaksanaan TMMD/N. Kali ini Anggota Satgas TMMD/N mengun­jungi ladang jahe milik Supyan, yang tidak jauh dari lokasi pembukaan ja­lan di Nagari Talang Maur, Minggu (4/7).

Luas ladang jahe yang dimiliki Supyan sekitar satu hektar. Tanaman jahe ini telah melewati tiga kali masa panen dan akan terus dikembangkan lagi. Me­ngingat kebutuhan dan permintaan jahe di pasaran semakin meningkat.

Serda Deni sebagai personil yang bertugas mengungkapkan, pem­bu­didayaan jahe ini harus lebih dikembangkan lagi. Mereka berharap warga lain yang memiliki lahan yang masih tidur untuk membenahi dan ditanami jahe.

“Kita berharap lahan tidur masyarakat yang ada agar ditanami dengan jahe atau lainnya. Karena di sini tanaman jahe memiliki po­tensi besar,” harapnya.

Supyan sangat senang dengan kunjungan yang dilakukan oleh Anggota Satgas TMMD/N ini. “De­ngan adanya kunjungan yang dilakukan, masya­rakat menjadi lebih dekat dengan TNI. Tentunya dam­pak dari kedekatan ini akan berpengaruh terha­dap kemajuan di desa, ko­ta, hingga negara,” sebut Sopyan. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional