Close

Satgas TMMD ke-112 Kebut Pembukaan JUT di Ujung Ladang

BERJIBAKU— Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112 Kodim 0309/Solok berjibaku membuka jalan usaha tani (JUT) di Jorong Ujung Ladang, Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok,

SOLOK, METRO–Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Mem­ba­ng­un Desa (TMMD) Regu­ler ke-112 Kodim 0309/Solok terus mengebut pembukaan jalan usaha tani (JUT) di Jorong Ujung La­dang, Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Sing­karak, Kabupaten Solok, yang merupakan sasaran pokok pelaksanaan TMMD kali ini.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0309/Solok Kapten Inf Kristian Napitupulu mengatakan, dalam usaha pembukaan jalan tersebut, pihaknya berpesan pada semua pihak yang terlibat agar tetap memperhatikan dan me­ngu­tamakan faktor kea­ma­nan dan keselamatan.

“Bagaimana pun target memang harus dikejar, akan tetapi faktor keamanan jangan sampai diabaikan. Sebab, di lokasi pelaksanaan memang kerap diguyur hujan, jadi semua­nya harus hati-hati,” ucap Kristian, Minggu (19/9).

Hal senada disampaikan salah seorang anggota Satgas TMMD ke-112, Serka Anwar. Menurutnya, masih cukup besarnya sisa pekerjaan yang ada memang dipengaruhi oleh cuaca yang kerap tak bersahabat. Namun, saat cuaca mendukung, pihaknya akan langsung mengebut pekerjaan.

“Kita tancap gas saat cuaca mendukung. Sisa pekerjaan masih cukup banyak, tapi kita akan kebut. Kita berharap upaya ini dapat maksimal,” ucap Serka Anwar.

Terpisah, Kepala Jo­rong Ujung Ladang, Nagari Koto Sani, Zul Efendi me­nga­ku sangat berterima ka­sih atas perhatian TNI dan pihak terkait terhadap nagarinya, atas digelarnya TMMD ke-112 Kodim 0309/Solok di daerah tersebut. Selain pembukaan jalan usaha tani, ia mengaku warga mendapatkan ba­nyak manfaat lain.

“Atas kesempatan yang diberikan bagi dae­rah kami, warga dengan kesadaran dan ketulusan ikut berbaur dalam pelaksanaan TMMD ini bersama TNI. Setiap hari saya selalu mengecek keikutsertaan warga,” kata Zul Efendi.

Selain pembukaan jalan usaha tani, kata Zul lagi, warga sangat senang karena Satgas TMMD di daerah itu ikut melakukan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Jorong Ujung Ladang dalam waktu 13 hari. Selain itu, pembukaan saluran irigasi dan renovasi lapangan olahraga juga sangat bermanfaat bagi aktivitas warga di Ujuang Ladang. “Tentu saja kami sangat bahagia dan berte­rima kasih atas bantuan dan kinerja Satgas TMMD di daerah ini,” ucapnya lagi.

Sebelumnya saat ber­kunjung ke lokasi pelaksanaan TMMD ke-112 pada Jumat 17 September lalu, Komandan Kodim (Dandim) 0309/Solok Letnan Kolonel Arm Reno Triambodo menekankan Satgas TMMD akan fokus pada mem­bang­un fasilitas di Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai, yaitu pembukaan Ja­lan Usaha Tani (JUT) yang merupakan akses Wisata Goa Ngalau dengan total panjang 1.127 meter.

“Termasuk pengecoran Jalan menuju Ikua Danau Singkarak sepanjang 256 meter di Nagari Koto Sani, perbaikan lapangan bola kaki Nagari Koto Sani, dan pembuatan irigasi dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak lima u­nit,” ujar Dandim. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top