Menu

Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Wacanakan Isolasi Terapung di Padang

  Dibaca : 56 kali
Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Wacanakan Isolasi Terapung di Padang
RAKOR—Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah rapat koordinasi dengan Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB, Rustian, S.Si., Apt., M.Kes saat berkunjung ke Sumbar, Kamis malam (5/8).

PADANG, METRO–Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Na­sional menawarkan tempat isolasi terapung sebagai solusi untuk isolasi mandiri bagi pasien OTG dan gejala ringan di Kota Padang. Hadirnya tempat isolasi terapung ini guna me­ngan­tisipasi meningkatnya ka­sus positif di daerah itu. Tempat isolasi terapung ini salah satu bantuan yang bisa diberikan melalui Ke­menterian Perhubungan (Kemenhub).

“Ini bisa membantu menambah kemampuan daerah dalam hal penye­diaan tempat isolasi man­diri bagi pasien Covid-19,” kata Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BN­PB, Rustian, S.Si., Apt., M.­Kes saat berkunjung ke Sum­­bar, Kamis malam (5/8).

Ia meminta agar Sat­gas Penanganan Covid-19 Sumbar dan Kota Padang untuk menghitung berapa kemampuan daerah da­lam memberikan tempat isolasi kepada warga ter­papar Covid-19. Terutama dengan gejala ringan atau OTG.

Menurutnya, dalam tem­pat isolasi terapung tersebut juga sudah ter­sedia klinik penunjang. Sehingga bisa memberikan penanganan darurat jika kondisi pasien tiba-tiba memburuk.

Selain itu BNPB dan Satgas Covid-19 Nasional juga akan memperkuat kemampuan Satgas Co­vid-19 daerah dalam hal penanganan di hulu. Se­perti, penerapan protokol kesehatan dengan mem­berikan bantuan masker dan handsanitizer.”Kita akan perkuat juga Satgas Covid-19 Daerah dalam hal peningkatan Testing, Tracing dan Treatmen,” ujar­nya.

Rustian mengatakan, semua pihak harus bahu membahu untuk mengan­tisipasi meningkatkan ka­sus positif Covid-19. Ma­sing-masing daerah di Indonesia memiliki kekua­tan dan kelemahan masing-masing karena itu Satgas Penanganan Covid-19 na­sional akan berupaya un­tuk memperkuat sisi-sisi yang masih lemah.

Gubernur Sumbar, Mah­yeldi Ansharullah me­ngatakan pihaknya akan segera mengkoor­dinasi­kan kebutuhan tempat iso­lasi mandiri itu dengan Pemerintah Kota Padang, terkait bantuan tempat isolasi terapung yang dita­warkan BNPB.

Ia menyebut Sumbar memang telah memiliki konsep penyediaan tempat isolasi mandiri hingga ke tingkat nagari/desa melalui Program Nagari Tageh. Namun dengan mening­katkan kasus positif karena semakin dimasifkannya tracing dan testing, tempat isolasi tambahan akan sa­ngat dibutuhkan.

Ia juga meminta Satgas Covid-19 Sumbar untuk segera menyiapkan data kebutuhan untuk diusulkan kepada BNPB dan Satgas Covid-19 Nasional guna memperkuat kemampuan daerah menangani pan­demi. “Tambahan kamar RS, peralatan pendukung dan kekuragan jumlah te­naga kesehatan juga harus dilaporkan. Sehingga BNPB atau Satgas Covid-19 pusat bisa membantu kebutuhan kita di Sumbar,” kata­nya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional