Menu

Satgas Nemangkawi Tangkap Pemasok Logistik KKB

  Dibaca : 143 kali
Satgas Nemangkawi Tangkap Pemasok Logistik KKB
PENGEJARAN— Aparat gabungan TNI-Polri saat melakukan pengejaran terhadap KKB di sekitar Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak.

PAPUA, METRO–Satgas Nemangkawi TNI dan Polri menangkap buron anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) kemarin (3/8). Anggota KKB yang berperan sebagai pemasok logistik itu ber­nama Kopengga Enumbi.

Kabidhumas Polda Pa­pua Kombespol A.M. Ka­mal menuturkan, penang­kapan dilakukan setelah terjadi baku tembak TNI dan Polri dengan kelom­pok Kopengga Enumbi ke­marin. “Saat itu satgas lidik gakkum yang dipimpin Ip­da Dedi Sudomo dan di­dukung Yon Raider 613/RJA berhasil melum­puhkan Ko­pengga,” tuturnya dalam keterangan tertulis.

Kopengga alias Tamu Enumbi bertugas meme­nuhi kebutuhan logistik dari KKB Lekagak Telenggen. Kopengga juga merupakan adik buron KKB bernama Lerimayu Enumbi. “Saat ditangkap, ada sejumlah barang bukti yang disita,” papar Kamal. Di an­tara­nya, sebelas butir amu­nisi SS1, satu badik, satu hand­phone, dan tas noken.

Kopengga diketahui ju­ga merupakan buron sejak 2014 karena kasus pen­curian dengan kekerasan. “Dia mencuri delapan sen­jata indeks Pospol Kulirik, Puncak Jaya, pada 2014,” ujarnya.

Kasatgas Humas Ne­mangkawi itu juga menya­ta­kan, satgas akan ber­sinergi dan menindak te­gas separatis maupun KKB yang mengancam ke­ama­nan dan ketertiban ma­syarakat di Papua.

Namun, versi berbeda diterima Cenderawasih Pos (Jawapos Grup). Disebutkan bahwa Kopengga Enumbi dilumpuhkan dalam baku tembak yang terjadi pukul 11.20 WIT. Karena ada perlawanan, personel sat­gas menembak pelaku se­hingga meninggal di tem­pat. Pukul 12.00 WIT, jena­zah Kopengga Enumbi di­ba­wa ke RSUD Mulia.

Juru Bicara Tentara Pem­­bebasan Nasional Pa­pua Barat-Organisasi Pa­pua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom tidak ber­komentar saat dikon­fir­masi terkait dengan pe­nang­kapan anggotanya. Pesan singkat yang dikirim tidak dibalasnya.

Satgas Nemangkawi saat ini dilanjutkan Polda Papua bekerja sama de­ngan Kodam Cende­ra­wa­sih. Hingga saat ini, KKB me­mang masih ber­ope­rasi. Namun, aktivitasnya terlihat mulai mengendur. Berbeda halnya dengan beberapa waktu lalu yang hampir tiap hari terjadi baku tembak dan pem­ba­karan fasilitas umum. (jpg)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional