Menu

Satgas Minta Masyarakat Manfaatkan Penurunan Harga Tes PCR

  Dibaca : 61 kali
Satgas Minta Masyarakat Manfaatkan Penurunan Harga Tes PCR
JELASKAN—Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito saat menjelaskan kepada wartawan di Graha BNPB, Jakarta, kemarin.

JAKARTA, METRO–Satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat meman­faat­kan penurunan harga tes RT-PCR (real time polymerase chain reaction). Saat ini batasan tarif tertinggi tes PCR di harga Rp 495 ribu untuk Pulau Jawa-Bali dan Rp 525 ribu untuk luar Jawa-Bali.

“Dimohon masyarakat dapat menindaklanjuti perubahan harga ini secara bertanggung jawab dan mobilitas tidak dilarang, tetapi se­baiknya dikendalikan sesuai tingkat kepentingan atau urgensinya,” kata Juru Bicara Satgas Pe­na­nganan Covid-19 Prof Wiku Adi­sasmito di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (19/8).

Wiku menyadari pembiayaan testing PCR terdapat beberapa kom­ponen yang meliputi reagen untuk ekstraksi, reagen PCR, pe­rawatan alat, maupun biaya o­perasional termasuk SDM di labo­ratorium.

Dan beberapa di antaranya ter­golong barang impor yang men­dapat pajak khusus terkait alat dan material kesehatan. “Namun, ter­lepas dari rincian biaya tersebut, pemerintah berkomitmen, untuk membuat harga testing PCR se­bagai metode gold standar yang semakin terjangkau,” pungkasnya. (tan/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional