Menu

Satgas Covid-19 Terus Sigi Pusat Keramaian di Kota Pa­dang­panjang

  Dibaca : 96 kali
Satgas Covid-19 Terus Sigi Pusat Keramaian di Kota Pa­dang­panjang
PERIKSA— Tim Satgas Covid-19 memeriksa kelengkapan pengendara keluar masuk di Kota Padangpanjang.

Selama masa Pem­berlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PP­KM) Darurat di Kota Pa­dang­panjang, Tim Ga­bu­ngan Satgas Penanganan Covid-19 tidak henti-hen­tinya melakukan monitoring dan Operasi Yustisi khususnya ke pusat kera­maian. Kabid Penegakan Perda dan Trantibum, He­rick Eka Putra, meng­a­takan, pihaknya akan me­ngawal ketat pelaksanaan PPKM Darurat ini dengan melakukan sidak dan mo­nitoring ke area publik, pasar, cafe,  sarana olah­raga dan lainnya. “Tim akan selalu memantau dan akan memberikan pe­ri­nga­tan bagi yang tidak mematuhi protokol kese­hatan, baik itu pedagang maupun masyarakat yang belanja. Ini kami lakukan setiap hari,”sebut Eka Putra.

Ditambahkannya, ma­sya­rakat yang kedapatan tidak menjalankan prokes akan diinput ke aplikasi Sipelada (Sistem Infor­masi Data Pelanggaran Perda). “Alhamdulillah su­dah berkurang masya­rakat yang tidak patuh prokes. Kami akan terus memantau,” ujar Eka Pu­tra. (rmd)

Akses Keluar Masuk Dikawal

Personil gabungan la­ku­kan penjagaan dan pe­ngecekan persyaratan ba­gi yang akan masuk ke Kota Padang Panjang de­ngan menunjukkan kartu vaksinasi dan bukti rapid antigen Covid-19. Hal itu terlihat pada aktivitas tim di pos penyekatan di per­batasan Kacang Kayu dan Bukit Surungan, Rabu (14/7).

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kes­bangpol, Aswirman SE M­M, selaku penanggung jawab posko Regu A di Terminal Bukit Surungan me­nyampaikan,  kegiatan di posko penyekatan di Terminal Bukit Surungan me­lakukan pemeriksaan ke­leng­kapan, baik bagi ken­daraan umum, kendaraan pribadi dan roda dua yang memasuki Kota Padang Panjang.

“Yang hanya melewati, tidak diperiksa. Kita pe­riksa yang memasuki Kota Padangpanjang. Dicek kar­tu vaksinasi serta bukti test Covid-19 seperti antigen, PCR atau Rapid Test,” jelas Aswirman.

Aswirman menje­las­kan, petugas di pos Terminal Busur bekerja per shift dari jam 08.00 s/d 20.00 WIB dengan jumlah 27 orang per shiftnya. Terdiri dari anggota TNI 6 orang, Polisi Militer (3 orang), Polri (5 orang), Brimob (2 orang), Dishub (4 orang), Pol PP (3 orang), BPBD Kesbangpol (4 orang). “Shift kedua jam 20.00 WIB sampai pagi jam 08 00 WIB. Personil ber­jumlah sama dengan shift pertama,” kata Aswirman.

Aswirman selaku koor­dinator juga bergantian shift dengan Kabid Rekon­struksi dan Rehabilitasi BPBD Kesbangpol, Agung Satria, ST. Sementara itu, personil gabungan di pos Kacang Kayu dikoordinir Kabid Kesbangpol, Engki Trinanda SAB dan Kabid Kedaruratan dan Logistik, Syafrijon SSos. “Selaku koordinator, mengatur ke­giatan yang dilakukan per­sonil di posko serta me­ngevaluasi kegiatan dan melaporkan kepada pim­pinan,” ujar Engki.

Aswirman mengimbau personel di lapangan agar selalu menjaga kesehatan, kekompakan dan men­catat bagi yang mau ber­kunjung ke Kota  Padang Panjang untuk dilakukan pengecekan dokumen per­ja­lanan.   “Kepada petugas di posko penyekatan agar bekerja dengan semangat, lakukan pendekatan yang humanis kepada mereka yang melewati Padang Pan­jang. Lakukan pe­nge­cekan berupa kartu vak­sinasi minimal vaksinasi dosis per­tama atau bukti rapid antigen,” kata Engki. (rmd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional