Menu

Sariawan Membesar, Enek Derita Tumor Mulut, Butuh Biaya Operasi Rp. 36 Juta

  Dibaca : 396 kali
Sariawan Membesar, Enek Derita Tumor Mulut, Butuh Biaya Operasi Rp. 36 Juta
BUTUH BANTUAN— Enek (47), wanita asal Solok yang tinggal di Jambi dirawat di RSUP M Djamil karena kanker mulut yang dideritanya. Kini dia menunggu donasi untuk biaya pengobatan tanpa BPJS.

PADANG, METRO
Sariawan yang diderita Enek (47) ternyata adalah awal dari derita penyakit berat yang membelitnya sampai kini. Tanpa BPJS, wanita asal Solok itu berangkat ke RSUP M Djamil Padang dari rumahnya di Dusun Lubuk Bungo RT 13 RW 1, Kelurahan Sungai Ulak, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin, Jambi. Kini, dia dirawat dengan status biaya umum.

Enek hanya ditemani kakak kandungnya dan relawan Pemuda Padang Berhijrah (PPB) yang tak tahan mendengar informasi perih itu. PPB memang yang membantu keberangkatan Enek ke Padang. Awalnya, sariawan itu membuat mulut Enek makin membesar sehingga didiagnosa tumor mulut oleh dokter. Sudah tujuh bulan Enek mengidap penyakit ganas ini.

“Satu minggu dirawat di RS Muaro Bungo Jambi, karena Enek semakin parah dan terbatasnya peralatan rumah sakit, dia harus dirujuk ke RSUP M Djamil Padang,” kata Wina, kemarin.

Selanjutnya, kata Wina, karena terkendala biaya dan Enek tak ikut BPJS, keluarganya sempat panik. “Mendengar laporan ini dari salah satu pihak keluarga, kami menyarankan untuk memberangkatkan saja ke Kota Padang. Soal biaya kita cari bersama di sini. Alhamdulillah sudah sampai Kamis pagi dan harus segera diberikan tindakan,” kata Wina.

Saat ini, katanya, Enek dirawat di bagian bedah RSUP M Djamil, menunggu pengurusan BPJS-nya yang telah dilakukan sejak dua hari terakhir. Diperkirakan, baru akan aktif sekitar 14 hari ke depan. “Kami diberi waktu hingga Jumat ini melapor ke pihak rumah sakit terkait BPJS. Kemungkinan, biaya ini tetap akan jatuh pada jalan pasien umum,” katanya.

Winna menyebutkan, untuk operasi, tidak sedikit biaya dibutuhkan dam dalam menjalani pengobatan lanjutan. Terlebih seperti penyakit yang dialami Enek. “Karena itu kami menggalang donasi untuk membantu perjuangan Bu Enek ini. Sampai Jumat sore, total biaya yang dibutuhkan sudah mencapai Rp36 juta dan kemungkinan bisa bertambah terus,” katanya.

Katanya, dana digunakan untuk biaya operasi dan keperluan keluarga pendamping selama di rumah sakit. “Karena selama ini mereka mengandalkan biaya sendiri, selain menggalang dana di situs donasi kitabisa.com, kami juga berjuang mendapatkan biaya tambahan untuk berobat dengan cara donasi lainnya di PPB,” katanya.

PPB, katanya, juga menerima donasi melalui rekening 7119447512 BSM An Winna Wahyuni Musdalifah konfirmasi dengan format nama_donasi bu enek kirim ke wa 083182823607. “Sangat besar harapan kami agar bantuan bisa diberikan oleh orang-orang yang peduli terhadap Bu Enek,” katanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional