Close

Sarana Olahraga dan Pertunjukan Belum Terbenahi, Pemkab Pasaman Siapkan Anggaran

Wakil Bupati Sabar AS

PASAMAN, METRO–Sarana olahraga dan pertunjukan yang berada di Kompleks Ruko Lubuk Sikaping yang selama ini belum terbenahi dan tidak berfungsi akan dibenahi oleh Pemkab Pasaman tahun ini. Hal ini dikatakan Wakil Bupati Sabar AS. Rabu (26/10)

Disebutkan Sabar AS, Padahal tempat ini sangat bermanfaat sekali jika difungsikan, terutama yang berkaitan dengan pengembangan pariwisata, kebu­dayaan termasuk pengembangan UMKM.

“Untuk itu kedepan kita upayakan termasuk tahun 2022 ini kita alokasikan anggaran untuk pembenahan, rehab belakang ruko itu sehingga bisa difungsikan,” jelas Wabup Sabar.

Selain Rehab, kata Wabup belakang ruko tersebut harus dibersihkan, ditata sedikit, sehingga bisa aktivity disitu. Ada aktivitas kebudayaan berupa pertunjukan seni budaya, bisa akvitas olahraga sore atau malam, dengan begitu tentu pusat kegiatan kegiatan aktivitas bisa terlaksana disana, sehingga terintegrasi disatu sisi pengembangan kebudayaan dalam bentuk pertunjukan seni budaya, selain itu juga mengem­bangkan pariwisata dan ada kaitannya juga dengan bergeraknya ekonomi dan UMKM.

“Saya yakin kalau aktivitas kebudayaan, per­tunjukan seni budaya kemudian olahraga bisa jalan disitu, bisa bergerak, bisa terlaksana dengan sendiri­nya aktivitas UMKM akan terkosentrasi disana. Makanan, kuliner dan pedagang makanan keliling juga bisa kesana” ucapnya.

Dikatakan, Itu cara kita memperkuat akvitas budaya, pariwisata, menggerakkan UMKM di Pasaman khususnya di Lubuk Sikaping karena sarana itu kan sangat potensial di pusat kota. Jika sarana itu tidak digunakan tentu ada kecenderungan disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab termasuk kenakalan remaja dan sebagainya.

“Saya kira ini fungsi ganda sekaligus, pertunjukan budaya, pengembangan pariwisata, pengembangan UMKM sekaligus mengantisipasi terjadinya hal-hal yang negatif disitu” ujar Sabar AS.

Insyaallah tahun kita mulai, kemaren saya tinjau dengan membawa OPD terkait, akhir tahun kita rehab dan saran tersebut sudah bisa difungsikan

Wabup Sabar AS berharap kepada Disparporabud untuk segera melakukan pembenahan, renovasi sarana dan prasarana tahap pertama. Disaat renovasi tahap pertama sudah dilakukan, sudah cukup tertata, bersih, indah, toiletnya dibenahi, medan – medan pertunjukan yang ada disitu baik budaya maupun olahraga, maka tahap berikutnya diaktifkan kegia­tannya misalnya dibikin kontes, lomba, festival budaya.

“ Kalau semuanya itu sudah terlaksana tentu dengan sendirinya UMKM juga bergerak. Tamu-tamu dari luar atau pun perantau yang datang bisa menyaksikan pertunjukan seni budaya sambil me­nikmati kuliner karena lokasinya berada di pusat kota,” tutupnya. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top