Menu

Sapa Warga Sijunjung, Andre Berbagi Bantuan Ratusan Juta, Dari Bantuan Masjid sampai Pembangunan Rumah Adat

  Dibaca : 69 kali
Sapa Warga Sijunjung, Andre Berbagi Bantuan Ratusan Juta, Dari Bantuan Masjid sampai Pembangunan Rumah Adat
SERAHKAN BANTUAN— Andre Rosiade menyerahkan bantuan PKBL untuk pembangunan Rumah Gadang Bagindo Maharajo Indo, Rajo Adat Jambu Lipo, di Nagari Lubuak Tarok, Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade kembali mendatangi tanah asalnya Kabupaten Sijunjung, Sumbar, Sabtu (21/11). Mengunjungi sejumlah titik, anggota Fraksi Partai Gerindra itu menebar bantuan lebih dari Rp 225 juta dan juga berbagai kebutuhan warga lainnya.

Memulai kedatangannya, Andre menyinggahi Masjid Nurul Taufiq, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung. Di sana, Andre menyerahkan bantuan program kemitraan berbasis lingkungan (PKBL) senilai Rp 75 juta. Andre menyerahkan bersama anggota DPRD Sijunjung Endri Besmen.

Wali Nagari Pematang Panjang Rio menyebutkan, tidak pernah terlintas anggota DPR RI hadir ke masjid yang mereka punyai itu. Apalagi membawa bantuan yang sangat banyak. Katanya, Pematang panjang punya 11 jorong dengan 7.500 penduduk dan pemilih 4.500.

“Sayangnya, di nagari terbesar di Kecamatan Sijunjung ini tidak punya pasar nagari sendiri. Kami sudah memersiapkan lahan di sekitar jalan lintas Sumatera (Jalinsum) kalau ada yang membangun,” katanya.

Andre Rosiade mengatakan, itu adalah komitmen sebagai wakil rakyat, apalagi merupakan putra asli Sijunjung, tepatnya Tanjung Ampalu, Kecamatan Koto VII. “Hari ini kita bawa bantuan untuk masjid. Berikut soal pasar, kami telah mengusulkan ke Kementerian Perdagangan pasar di Pematang Panjang ini. Insya Allah 2021 bisa dibangun dengan nilai Rp4 miliar,” kata Andre disambut terima kasih wali nagari dan jamaah.

Di hari yang sama, Andre Rosiade juga melakukan prosesi adat batogak tonggak tuo Rumah Gadang Bagindo Maharajo Indo, Rajo Adat Jambu Lipo, di Nagari Lubuak Tarok, Sijunjung. Sebelumnya, Andre dan tim dijamu dengan penganan khas Lubuak Tarok, godok obuih di Istana Kalambu Suto yang tak jauh dari lokasi batagak tonggak tuo (mendirikan tonggak tua rumah adat).

Sipangka acara Firman Bagindo Datuk Ameh mengucapkan terima kasih atas kedatangan Andre Rosiade dan langsung berpartisipasi dalam pembangunan kembali rumah adat yang terbakar beberapa waktu lalu. “Kami memang kerajaan, Kerajaan Jambu Lipo, tapi tidak punya kuasa apa-apa lagi, hanya simbol. Karena itu sangat berharap bantuan dari pak Andre untuk kembali mendirikan rumah adat,” katanya.

Wali Nagari Lubuak Tarok, Zulriatman meminta Andre Rosiade tidak hanya membantu Rumah Gadang Bagindo Maharajo saja. Tetapi juga membantu pemugaran rumah adat se-Lubuk Tarok yang jumlahnya cukup banyak.

Andre Rosiade menyebutkan, proposal rehabilitas Rumah Gadang Bagindo Maharajo sudah masuk beberapa waktu lalu dan langsung dieksekusi Rp100 juta. Dia siap membantu pemugaran rumah-rumah adat lainnya di Lubuak Tarok. “Mohon diberikan saja kami proposalnya, insya Allah akan kami bantu memasilitasi dengan Kementerian PUPR. Karena, jumlahnya sangat banyak,” kata Andre Rosiade didampingi Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irawan.

Selain itu, bersama Ketua DPC Partai Gerindra Sijunjung, Andre juga menyerahkan bantuan untuk Mushalla Mujahidin Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan dalam bentuk bantuan PKBL Rp 50 juta. “Ini bantuan tahap awal, agar mushalla ini cepat berdiri dan kabarnya akan dipakai untuk Ramadhan tahun depan. Semoga kami bisa membantu di kesempatan lainnya,” kata Andre yang juga bersilaturahmi dengan warga Kupitan.

Saat di Sijunjung, Andre juga bertemu dengan waga Nagari Bukit Bual, Kecamatan Koto VII langsung dipandu Wali Nagari Otriwandi. Di sana, Andre berdialog cukup komunikatif dengan warga. “Suara pak Andre di sini dulu sangat banyak. Tak salah kiranya beliau kembali mengunjungi kita,” kata Wali Nagari Otriwandi. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional