Menu

Santri TPQ Diberi Penyuluhan Pencegahan Covid

  Dibaca : 498 kali
Santri TPQ Diberi Penyuluhan Pencegahan Covid
PEMAHAMAN—Santri TPQ di Kota Bukittinggi diberikan pemahaman dalam penyuluhan untuk pencegahan penularan Covid-19.

BUKITTINGGI, METRO
Penyebaran  Covid-19 memang maih masif dan meresahkan masyarakat. Kondisi ini semakin diperparah dengan banyaknya orang Tanpa Gejala (OTG) yang berinteraksi tanpa mengindahkan protokol penanganan wabah Covid-19. Sehingga upaya pencegahan harus dipahami dari setiap kalangan termasuk pelajar. Lembaga Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Ijtihad Garegeh Kota Bukittinggi menerima materi Penyuluhan dan Sosialisasi pencegahan dan pengendalian Covid-19 dari Tenaga Medis Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Ns. Andi Batafia, S. Kep, Sabtu (5/12).

Kegiatan ini sengaja dilakukan dalam rangka Sosialisasi Pencegahan dan pengendalian Covid-19 di lingkungan lembaga TPQ Ijtihad Garegeh dengan maksud mengingatkan kembali kepada siswa tentang covid-19. Sekaligus upaya upaya pencegahannya.

Beberapa waktu belakangan ini kegiatan tatap muka sudah dimulai. Seiring dengan itu masih terlihat siswa sudah mulai lalai dengan protokol kesehatan terutama kepatuhan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan lain sebagainya. Maka untuk mengantisipasi penularan maka tidak salah kiranya peserta didik kembali diingatkan. Melalui sosialisasi tersebut secara tidak langsung siswa diingatkan kembali tentang aturan protokol kesehatan.

Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Rusman Edy, sebagai pembina dan pimpinan LPTW Ijtihad, mengatakan, banyak hal informasi yang diberikan Narasumber dalam kegiatan ini, mulai dari mengingatkan kembali tentang Covid-19.

Yakni, arti Covid-19, asal mula, dampak, cara penularannya, gejala, upaya upaya pencegahan apa yang harus di lakukan di masa pandemi ini dan apa yang harus di jauhi bahkan di tinggalkan, serta aturan aturan serta adaptasi baru di masa pandemi.

“Nara sumber juga mempraktek cara memakai dan membuka masker yang benar, jenis masker yang baik serta aturan aturan tentang memakai masker. Begitupun dengan cara mencuci tangan yang benar serta langkah langkahnya,” jdlas Rusman.

Hal penting lainnya juga dijelaskan Nara sumber ini di hadapan santri tentang etika bersin, etika batuk. Dalam materi ini juga di singgung bagaimana interaksi sosial di masa pandemi bahkan trik jajan/ belanja makanan bagi siswa di lingkungan. Trik memilih jajanan makanan yang baik.

Rusman Edi selaku pimpinan TPQ Ijtihad sangat berterima kasih kepada narasumber yang telah memaparkan panjang lebar terkait Covid-19 dengan bahasa yang mudah di pahami anak anak. “Semoga sosialisasi ini bermanfaat bagi keluarga besar TPQ ijtihad. mudah mudahan kita selalu dalam lindungi Allah SWT dari virus Covid-19 ini,” jelasnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional