Menu

Sanggar Seni Cik Uniang Lansia di Kota Pariaman

  Dibaca : 42 kali
Sanggar Seni Cik Uniang Lansia di Kota Pariaman
TINJAU—Ketua TP PKK Sumbar Harneli Mahyledi saat meninjau lokasi sanggar lansia bersama Ketua TP PKK Kota Pariaman Lucy Genius Umar.

Ketua TP PKK Kota Pariaman  Lucy Genius Umar menyatakan di Kota Pariaman ada sanggar seni yang memiliki ang­gota khusus lanjut usia (lansia), Sanggar Cik U­niang.

“Sanggar Cik Uniang yang berada di Balai Ku­raitaji, Kecamatan Paria­man Selatan Kota Pa­ria­man memiliki karya Tari Gandang Lasuang yang dimainkan dan oleh pe­main yang sudah lanjut usia,” kata Lucy Genius Umar dan pimpinan grup Sanggar Teta Nursida, kemarin.

Katanya, sanggar ini berdiri sejak tahun 2002 yang dibina langsung oleh PKK Kecamatan Paria­man Selatan. Sementara, untuk Tari Gandang La­suang Lansia sendiri telah ada sejak tahun 2010.

“Sanggar  Cik Uniang menampilkan beberapa kesenian tari tradisonal yang melatih mulai dari anak-anak dan remaja. Namun sejak tahun 2010 kegiatan lanjut usia sudah mulai diaktifkan mulai dari Tari Gandang Lasuang Lan­sia, Tari Payung dan senam Lansia,” ung­kap­nya.

“Tari Gandang La­su­ang Lansia dibawakan 15 sampai 20 pemain. Walau­pun sudah lanjut usia, tetapi mereka tetap lincah menari dan memainkan alat musik tradisional de­ngan latihan satu kali da­lam seminggu,” ujarnya.

Dikatakan, untuk pe­main yang menari Gan­dang Lasuang Lansia di­bawakan mulai dari pra lansia dan lansia yang berumur 50 sampai de­ngan 74 tahun, namun kebanyakan mereka yang sudah lanjut usia. Mes­kipun demikian, tetapi mereka tetap lincah me­nari, memainkan talem­pong, tamburin, lasuang dan memukul gendang.

“Ke depannya, kami berharap kegiatan sang­gar ini tetap selalu ada dan Pemko Pariaman terus memfasilitasi penampilan sanggar ini pada acara-acara seremonialnya ser­ta melakukan pembinaan supaya lebih maju. Dan terkhusus untuk para lan­sia pada Tari Gandang La­suang Lansia, semoga te­tap diberi kesehatan dan te­tap eksis dan banyak di­kenal masyarakat luas,” tan­d­dasnya meng­akhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional