Close

Sambut Kedatangan Perantau, Warga Padangpariaman Tablig Akbar

SERAHKAN BANTUAN— Anggota DPR dari Fraksi Golkar John Kenedy Azis (kanan) menyerahkan bantuan untuk pelaksanaan tabligh akbar dan turnamen sepakbola di Batu Mangaum, Kecamatan Sungai Garinggiang, Kabupaten Padangpariaman.

PADANGPADANG, METRO–Warga Batu Mangaum, Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Garinggiang, Kabupaten Padang­pariaman, menggelar turnamen sepakbola dan tablig akbar guna menyambut kedatangan perantau pada lebaran 2022.

”Kegiatan ini tidak saja menyambut Idul Fitri namun juga kepulangan perantau pada lebaran tahun ini,” kata Sekretaris Pelaksana Tabligh Akbar Yasinul Arifin.

Disebutkan,  kegiatan penyambutan perantau tersebut sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah serta meminta berkah rezeki dan kelancaran usaha ranah dan rantau.

Kegiatan tersebut, lanjutnya juga merupakan rangkaian turnamen sepakbola untuk perantau yaitu Turnamen BBC Rantau CUP 2022 yang terdiri dari enam tim ranah dan rantau. ”Jadi kami mengemas kegiatan olahraga dengan kegiatan mendekatkan diri kepada Allah SWT,” katanya.

Ketua BBC Sungai Garinggiang Boni Akbar menga­takan kegiatan olahraga yang serangkai dengan tabligh akbar tersebut pertama kali dilaksanakan oleh pemuda Batu Mangaum.

”Sebelumnya kami melaksanakan olahraga dan orgen tunggal untuk menyambut perantau, namun sekarang kami ganti dengan tabligh akbar,” ujarnya.

Ia menyampaikan rencananya tabligh akbar akan rutin dilaksanakan oleh warga di daerah itu bersama perantau setiap tahunnya.

Wali Nagari Kuranji Hulu Salman Hardani menga­takan daerah itu terus menjaga silaturahmi dengan perantau untuk mewujudkan nagari maju, sejahtera, dan madani. ”Tabligh akbar ini juga merupakan kontribusi perantau, dan kegiatan ini juga masuk ke dalam visi misi kami sebagai pemerintah nagari,” ujarnya.

Sementara itu, tokoh rantau asal Batu Mangaum Nekriadi mengapresiasi kekompakan warga di daerah itu yang rutin melaksanakan kegiatan positif dan menjaga fasilitas olahraga untuk mengisi waktu luang pemuda setempat.

”Kami berharap kekompakan ini terus terjaga untuk memajukan daerah,” kata dia.

Anggota DPRD Padang Pariaman yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Padang Pariaman Dwi Warman mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan oleh warga Batu Mangaum.

”Karena itu saya mengizinkan pemuda Batu Mangaum yang juga tergabung ke Pramuka mengguna­kan fasilitas yang dimiliki Pramuka,” tambahnya.

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar John Kenedy Azis juga mengapresiasi warga Batu Mangaum yang mengubah kegiatan yang biasanya orgen tunggal dengan kegiatan keagamaan.

”Ini kegiatan pengikat silaturahim positif antara ranah dan rantau sehingga saya harap ini rutin dilaksanakan,” ujar dia.  Pada saat tersebut ia juga menceritakan kehidupannya masa kecil di Batu Mangaum karena ayah beliau berasal dari daerah tersebut. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top