Menu

Salurkan Zakat untuk Mustahik Terdampak PPKM di Bukittinggi

  Dibaca : 69 kali
Salurkan Zakat untuk Mustahik Terdampak PPKM di Bukittinggi
SERAHKAN DANA ZAKAT— Wali Kota Bukittinggi Erman Safar bersama Ketua Baznas menyerahlan Zakat untuk mustahik yang terdampak kebijakan PPKM.

BUKITTINGGI, METRO–Badan Amil Zakat Na­sional (Baznas) dengan Pemko Bukittinggi salur­kan zakat kepada mus­tahik terdampak Pem­ber­lakuan Pembatasan Ke­giatan Masyarakat (PP­KM). Bantuan zakat dise­rahkan secara simbolis di Balairung Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (1/9).

Ketua Baznas Bu­kit­tinggi, Masdiwar didam­pingi Kepala Pelaksana, M Defrisal, menjelaskan, pandemi Covid-19 masih melanda Bukittinggi. Aki­batnya pemerintah ter­paksa menerapkan PPKM yang tentunya berdampak negatif terhadap pere­konomian sebagian besar masyarakat.

“Untuk itu, kami dari Baznas Bukittinggi dibantu penuh Baznas Sumbar, bekerjasama dengan pe­me­rintah kota, me­nyalur­kan bantuan se­besar Rp­500 juta per KK untuk 400 KK, sesuai asnaf yang delapan,” jelas Mas­diwar.

Ketua Baznas Sumbar, diwakili Wakil Ketua IV, Subhan menyampaikan, bahwa Baznas Sumbar merasa terpanggil untuk membantu Kota Bukit­tinggi. Untuk itu, didistri­busikan bantuan dari mu­zak­ki untuk 400 mustahik di Kota Bukittinggi.

“Kami dari Baznas pu­sat, provinsi dan juga Baznas kota, merasa ber­tang­gungjawab untuk me­nyelesaikan, membantu masyarakat yang masuk dalam asnaf 8 khususnya yang terdampak dari PP­KM. Semoga bermanfaaf dan berkah bagi para mu­zakki,” ujar Subhan.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menga­pre­siasi, bantuan yang diupa­yakan Baznas Bukittinggi dan Sumbar. Di mana ban­tuan ini tentunya sangat dibutuhkan masyarakat, terutama masyarakat yang tergolong ekonomi lemah dan terdampak PPKM.

“Sehubungan dengan menurunnya pere­kono­mian masyarakat karena keterbatasan ruang gerak untuk berusaha karena terdampak kebijakan PP­KM, maka saya selaku kepala daerah, tentunya tidak tinggal diam memi­kirkan ini. Sehingga dana cadangan pemerintah sa­ja, diturunkan semuanya untuk membantu masya­rakat kita yang terdampak PPKM,” ujar Erman.

Dikatakan, karena me­lihat kondisi dana yang tersedia dengan jumlah bantuan yang akan disa­lurkan tidak seimbang, maka pemko berusaha untuk menghubungi pihak lain. Alhamdulillah dian­taranya Baznas Sumbar bersedia membantu Kota Bukittinggi sebanyak Rp 200 juta  untuk 400 KK, sesuai asnaf yang dela­pan. Terima kasih kepada Baznas Sumbar dan juga Bukittinggi.

Wako berharap, ban­tuan yang disalurkan ini dimanfaatkan untuk me­menuhi kebutuhan sehari-hari. “Jangan dibelikan kepada yang kurang pen­ting. Sehingga kebutuhan utama sehari-hari dapat dipenuhi. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional