Menu

SAKIP Wajib Diimplementasikan Seluruh Instansi di Kota Pariaman

  Dibaca : 46 kali
SAKIP Wajib Diimplementasikan Seluruh Instansi di Kota Pariaman
Dt. Putiah Nan Tuo Kepala SMPN 2 Bukittinggi

PARIAMAN, METRO–Meningkatkan kinerja Aparatul Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman, kemarin, Wali Kota Pariaman Genius umar mengundang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Ronald Andrea Annas untuk berdiskusi dan melakukan pendampingan terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Pariaman melalui daring bersama dengan kepala OPD beserta pejabat struktural.

“Saya sering menyampaikan kepada kepala OPD untuk menyelaraskan kinerjanya dengan visi misi Pemko Pariaman, karena Saya memiliki kontrak dengan masyarakat Kota Pariaman yang dituangkan dalam visi misi dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pariaman. Melalui kegiatan ini Saya harapkan diperkuat lagi perencanaan kegiatan-kegiatan pada OPD yang disinkronkan dengan visi misi tadi,” ungkap walikota Pariaman Genius Umar.

Sementara itu Asisten Deputi Perumusan Ke­bijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Ronald Andrea Annas mengatakan SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

“Implementasi SAKIP oleh seluruh instansi pemerintah tidak boleh hanya dipandang sebagai kewajiban. Lebih dari itu, SAKIP seharusnya disadari sebagai kebutuhan mendasar untuk meningkatkan kinerja. Dengan anggaran berbasis kinerja, tiap rupiah anggaran instansi pemerintah harus memiliki hasil dan manfaat bagi masyarakat. Pemilihan program dan kegiatan juga harus dilakukan dengan cermat agar bisa sesuai dengan prioritas dan sasaran pem­bangunan,” ung­kapnya.

Menurut Ronald, SAKIP bisa membantu untuk memastikan instansi pemerintah dalam menerapkan anggaran berbasis kinerja. kedepan kita berharap Pemko tidak lagi rule based, artinya nanti tidak ada lagi perbaikan yang baru akan dilaksanakan jika ada perintah atau ada aturannya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional