Close

Sajian Khas Payakumbuh Paling Terkenal

Pangek Cubadak (Nangka) (Doc. cookpad.com)

Payakumbuh terkenal sebagai kota kuliner di Sumatra Barat. Daerah di timur laut Kota Padang ini selalu dijuluki dengan nama-nama makanan. Dari Kota Galamai, Kota Batiah, dan kini dipromosikan sebagai Kota Rendang.

Payakumbuh, sebagaimana umumnya daerah Minang, terkenal dengan olahan dagingnya. Penggunaan bumbu rempah yang banyak membuat kuliner Minang terkenal memiliki rasa yang sangat kuat.

Tak hanya sajian utama, Payakumbuh juga punya banyak kuliner kudapan. Makanan ringan khas Payakumbuh biasanya sebagai makanan untuk acara-acara adat atau sebagai makanan rumah di pagi hari.

Berikut makanan khas Payakumbuh paling terkenal yang wajib dicicipi para pelancong.

Batiah

Batiah sejenis kerupuk rengginang. Bedanya dengan rengginang yaitu pada bahan pembuatan. Rengginang ada yang dibikin dari beras biasa, sedangkan batiah mesti menggunakan ketan putih.

Pembuatannya pertama-tama beras ketan ditanak hingga matang. Setelah itu, ketan diambil dalam porsi-porsi kecil dan dibentuk bulat pipih. Setelah itu dijemur di bawah terik matahari. Batiah keringlah yang baru bisa digoreng. Minyak penggoreng harus dalam jumlah besar supaya matangnya lebih merata.

Galamai

Galamai dibuat dengan bahan baku tepung beras ketan, gula aren, dan campuran santan. Bahan-bahan ini dimasak dalam kuali besar hingga mengental. Adonan kental, lengket, dan berwarna kecokelatan ini yang diambil sebagai dodol.

Galamai kadang disebut juga dengan nama kalamai atau calamai. Biasanya masyarakat Payakumbuh membuat galamai pada hari-hari spesial, seperti pernikahan, hari raya, dan acara-acara adat.

Pangek Cubadak

Makanan ini sejenis gulai dengan kuah santan kering. Pangek artinya gulai yang dimasak kering. Pangek cubadak merupakan makanan olahan nangka yang juga dikenal luas di daerah lain Sumatera Barat.

Rasa pangek cubadak terkenal sangat enak. Tekstur nangkanya lembut dengan bumbu meresap ke dalam. Kuahnya sangat gurih.

Gulai paluik

Gulai paluik berbahan utama sayuran atau gulai sayur. Bahan-bahan tambahan lainnya yaitu telur, tepung, kelapa, dan jengkol. Gulai ini sangat unik dan terkenal enak. Jengkol giling dililit dengan sayuran dari daun kacang. Dipadu dengan kuah gulai yang penuh bumbu rempah.

Gulai paluik terkenal sebagai sajian khas bulan suci Ramadan. Biasanya jadi buruan masyarakat untuk menu utama buka puasa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top