Menu

Safari Ramadhan Gubernur Sumbar di Masjid Istighfar, Pengurus Sampaikan Aspirasi Masyarakat

  Dibaca : 121 kali
Safari Ramadhan Gubernur Sumbar di Masjid Istighfar, Pengurus Sampaikan Aspirasi Masyarakat
BERIKAN—Gubernur Sumbar memberikan quiz berhadiah kepada anak-anak saat kunjungan Safari Ramadhan Provinsi Sumbar di Masjid Istighfar, Rabu (28/4), di Jorong Koto Malintang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang.

AGAM, METRO
Masyarakat Jorong Koto Malintang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam berharap adanya perhatian Pemerintah Kabupaten Agam dan Pemprov Sumbar terhadap penerangan jalan di jorong tersebut. “Masyarakat membutuhkan penerangan jalan. Penerangan jalan selama ini hanyalah swadaya masyarakat. Di mana, untuk biaya tagihan listriknya masyarakat menagih dari rumah ke rumah,” ujar Ketua Pengurus Masjid Istighfar, Robi Rahma Putra, saat menerima kunjungan Safari Ramadhan Provinsi Sumbar yang dipimpin oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Rabu (28/4), di Jorong Koto Malintang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang.

Selain penerangan jalan, Robi Rahma Putra yang mewakili jemaah dan masyarakat Koto Malintang menambahkan, wilayah Tilatang Kamang saat ini juga sering terjadi musibah kebakaran. “Kami juga berharap ada di-stand by-kan mobil kebakaran di tempat kami ini. Sehingga kami tidak lagi mengandalkan mobil kebakaran dari Bukittinggi dan Agam,” harapnya.

Begitu juga terkait persoalan infrastruktur jalan. Diungkapkannya, saat ini jalan dari Pasa Dama ke Pakan Kamih, setiap hari balai dan hari sekolah, cukup padat dilalui kendaraan. Sementara, kondisi jalan tidak ada perubahan. Karena itu, dirinya meminta agar jalan diperlebar dan minta dibuatkan fasilitas bagi pejalan kaki.

Menanggapi aspirasi tersebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah meminta agar Bupati Agam dapat menindaklaanjuti. Karena aspirasi tersebut merupakan kewenangan dari Pemkab Agam.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyerahkan bantuan sebanyak Rp20 juta dari Pemprov Sumbar. Selain itu, juga ada bantuan dari Bank Nagari Cabang Bukittinggi sebanyak Rp 5 juta.

Bupati Agam, Andri Warman yang juga hadir malam itu juga memberikan batuan Rp5 juta, 50 kain sarung serta bantuan dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumbar berupa 20 buah Al Quran dan uang tunai Rp 7 juta.

Mahyeldi Ansharullah mengatakan, bulan suci Ramadhan bulan yang paling mulia dibanding bulan-bulan lainnya. Banyak amalan yang didapat masyarakat selama menjalankan ibadah puasa. Allah SWT akan membantu orang yang beriman ketika mereka dekat pada Masjid.

Dikatakannya, Allah SWT menyediakan banyak sediakan amalan-amalan. Karena bulan ini adalah bulan yang istimewa dengan keistimewaan itu banyak hal yang dapat diraih seperti, shalat tarawih, zakat fitrah, dan bersedekah makan kepada orang yang berbuka puasa.

Selanjutnya Mahyeldi Ansharullah mengatakan, ketika kita mendekatkan diri ke masjid bersujud kepada Allah yang akan menghantarkan kita untuk bertakwa dari 10 pertama hingga 10 malam terakhir. Malam istimewa yang di tunggu-tunggu umat muslim.

“Yakni adanya malam Lailatul Qadar yang nilainya lebih baik dari 1000 bulan yang juga disebut dengan malam seribu bulan ini merupakan malam yang mulia,” kata Mahyeldi Ansharullah.

Dalam kesempatan ini Mahyeldi memberikan empat pertanyaan kepada anak-anak yang ikut pesantren ramadan Masjid Istighfar itu. Mereka antusias anak-anak bersemangat berebut dan 4 orang anak berutung mendapat kain sarung dari Gubernur Sumbar.

Sementara itu, Bupati Agam Andri Warman merasa bersyukur atas kehadiran Gubernur Sumbar yang merupakan kedatangan yang ditunggu-tunggu di masyarakat Tilatang Kamang, selama ini. “Alhamdulillah, Gubernur Mahyeldi hadir di sini selain melihat kampung halamannya, juga silaturahmi dengan masyarakat Agam, dan menyenangkan hati masyarakat. Gubernur Sumbar juga membawa bantuan untuk pembangunan masjid ini,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Biro Bintal dan Kesra Setdaprov Sumbar, Syaifullah, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar Jumaidi, Anggota DPRD Kabupaten Agam Dapil III Sarifuddin, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar Hendri, Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, Rosail Akhyari, Pimpinan Bank Nagari Cabang Bukittinggi dan Camat Tilatang Kamang dan Wali Nagari Koto Tangah serta tokoh masyarakat.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional