Close

Safari Ramadhan 1443 H Ala Pasangan Safari, Antara Misi Daerah dan Aspirasi Warga Limpuluh Kota 

Anak- anak dan jamaah masjid senang ketika berdialog dengan Bupati Safaruddin terkait cita-citanya di masa depan sekaligus diberi hadiah Al Quran.

SAFARI Ramadhan 1443 H tingkat Kabupaten Limapuluh Kota per-18 April 2022 tuntas sudah. Dari satu masjid ke masjid yang lain, interaksi Tim Safari Ramadhan (TSR) dengan jamaah tarwih, berbuah komunikasi timbal balik yang dinamis antara Pemkab Limapuluh Kota dengan warga. Safari Ramadhan yang bertujuan menjalin silaturahmi, penyampaian informasi serta menghimpun aspirasi masyarakat di momentum Bulan Suci Ramadhan 1443 H. Akhirnya, menjelma menjadi bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat untuk bersama memajukan Li­ma­puluh Kota.

“Pak Bupati, jalan su­dah banyak yang rusak se­hingga berdampak pa­da kelancaran pengang­kutan dan ekonomi warga,” begitu keluhan ja­maah tarwih Masjid Nurul Iman, Jorong Batu Balabuah, Sungai Naniang. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo dengan tenang menyimak keluhan warga kemudian menyampaikan, Pemkab Limapuluh Kota tahun 2022 bakal mengucurkan dana sebesar Rp15,5 miliar untuk perbaikan ruas jalan Sungai Dadok Kecamatan Gunuang Omeh ke Koto Tangah, Kecamatan Bukik Barisan.

“Aaminnnnnnn…..,” ucap jamaah serempak bersukacita mendengar informasi dari orang nomor satu di Limapuluh Kota itu. Dengan kepastian ini menyiratkan bahwa Pemkab Limapuluh Kota berupaya keras untuk menerapkan program sesuai kebutuhan masyarakat.

Berkekuatan sebanyak tujuh tim, Safari Rama­dhan 1443 H di Limapuluh Kota, penabuhan gong terjunnya ke tujuh tim ke -13 kecamatan seantero Limapuluh Kota diawali dengan Tim II pimpinan Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri 3 April 2022 untuk mengunjungi jamaah Mas­jid Raya Al Ihsan, Sungai Talang, Kecamatan Guguak. Tak hanya menerjunkan langsung pasangan Bupati Safaruddin dan Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri. Selain Ketua DPRD Deni Asra sebagai pimpinan Tim III, seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Dae­rah (Forkopimda) juga didau­lat menjadi ketua tim.

Seperti Tim IV Kajari Payakumbuh Suwarsono SH., Tim V Kapolres Lima­puluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso, Tim VI Ka­polres Payakumbuh AKBP Alex Prawira dan Tim VII Dandim 0306/50 Kota Deny Nurcahyono, S.H. Kekuatan tim semakin lengkap dengan kehadiran kepala perangkat daerah teknis, Ustadz serta anggota DP­RD sesuai daerah pemilihan masing-masing.

Komposisi lengkap ini mengesankan keseriusan Pemkab Limapuluh Kota untuk menyampaikan peran yang akan dijalankan pasangan Bupati Safaruddin dan Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri dalam memimpin Limapuluh Ko­ta 2021-2024 atau lebih dikenal dengan julukan pasangan Safaruddin Dt Bandaro-Rizki Kurniawan Nakasri (SAFARI). Bentuk peran yang diawal rapat persiapan pelaksanaan Safari Ramadhan, di de­pan seluruh tim, bupati mengatakan.

“Selama pelaksanaan Safari Ramadhan 1443, prioritas kita adalah menjumpai sekaligus menjalin silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat,  menyampaikan program prioritas dan menjemput aspirasi msyarakat. Untuk me­nunjang misi tersebut, ma­sing-masing tim dibe­kali intisari Perda No.3 /2021 tentang Rencana Pem­ba­ngunan Jangka Me­­nengah Daerah 2021-2026. “Kita memiliki lima misi strategis dan empat program pri­oritas,” ucap Safaruddin.

Kondisi terasa sema­kin penting mengingat tahun 2022 merupakan wujud pelaksanaan program/ kegiatan yang lahir dari pasangan SAFARI, setelah hampir setahun lamanya melanjutkan perencanaan pasangan Bupati/ Wakil Bupati periode 2016-2021 Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan. Tak ayal kedatangan tim di ke-35 mas­jid se- Limapuluh Kota disambut semarak, sukacita dan antusiasme ma­sya­rakat. Gairah ini tak lepas akan munculnya harapan untuk perbaikan kualitas hidup, kesejahteraan dan pertumbuhan wilayah di tangan pasangan SAFARI.

Harapan itu semakin kental di tengah masih lesunya aktivitas perekonomian masyarakat me­nyu­sul dampak Pandemi Covid-19 yang masih terasa membayangi sampai sekarang. Ya, inilah Safari Ramadhan ala  Pasangan Safari.

Kelima misi dan empat program prioritas yang digadang-gadang akan membawa Limapuluh Ko­ta menjadi maju dan ber­kembang disimak dengan baik oleh warga yang di­kun­jungi Tim Safari Ramadhan 1443 H. Diantara misi itu, yakni kesatu,  Me­ningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan, kedua, Mendorong Pertumbuhan dan Perkembangan Ekonomi Lintas Sektoral yang Memiliki Keunggulan di Ting­kat Lokal dan Regional, ketiga, Mendorong Potensi Nagari Sebagai Poros Pembangunan Daerah.

Dan, keempat, Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Reformasi Birokrasi Seutuhnya, serta kelima,  Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Secara Terpadu Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Kualitas Kehidupan Masyarakat  yang Lebih Baik. Kelima misi tersebut terang Bupati Safaruddin dielaborasi menjadi empat program prioritas yakni kesatu : Peningkatan infrastruktur di kawasan Ibukota Kabupaten (IKK) Sarilamak, kedua : Peningkatan infrastruktur jalan, ketiga: Pariwisata dan keempat: Pertanian.

Penyampaian peran Pemkab Limapuluh Kota setidaknya sampai tahun 2024, mengundang aspirasi dari masyarakat. Berba­gai hal disampaikan me­nyambut diterapkannya empat program prioritas seperti peningkatan infrastruktur jalan berupa peningkatan dan pembukaan ruas jalan baru di level jalan kabupaten pro­vinsi/ pusat. Kemudian, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, kebutuhan sarana produksi pertanian, fluktuasi harga komoditi pertanian, memutus keterisoliran informasi dan komunikasi, rumah tak layak huni, pembukaan kawasan wisata baru, serta pendirian rumah tahfiz.

Memang aspirasi terhadap peningkatan infrastruktur jalan mendominasi usulan warga kepada masing-masing tim. Tak semua harus diselesaikan pada tahun 2022, seperti usulan warga jorong Tiaka, Guguak VIII Kota kepada bupati Safaruddin saat memimpin Tim di Masjid Baburrahman. “Aspirasi warga untuk peningkatan ruas jalan Tiaka-Balai Mansiro, Kubang, kita pastikan difasilitasi pada tahun 2023,” ujar Safaruddin.

Kepada segenap kepala perangkat daerah teknis yang turut serta dalam tim diingatkan Bupati Safaruddin untuk menyimak dan mencatat baik-baik setiap aspirasi warga da­lam gelaran Safari Ramadhan. Hal yang wajar mengingat aspirasi-aspirasi tersebut menjadi basis perencanaan pembangunan serta untuk mempertajam tujuan dan sasaran program prioritas pa­sangan SAFARI.

Menegaskan kembali misi peningkatan infrastruktur, kata Safaruddin, akan dilaksanakan dengan menjadikan nagari sebagai poros pembangu­nan dengan membangun dari kawasan pinggiran. “Pinggiran yang kita maksud bukan daerah terisolir, wila­yah-wilayah yang berba­tasan dengan Kota Payakumbuh juga termasuk, kita ingin fasilitas jalannya tak kalah dengan Payakumbuh,” ucap Safaruddin.

Perhatian terhadap ku­alitas SDM yang berlandaskan keimanan juga menjadi fokus utama. Da­lam hal ini adalah program pendirian Rumah Tahfidz masing-masing satu per-nagari. Program yang di­dukung penuh ustadz kondang, Prof.Dr.H.Abdul Somad, kembali digemakan Wabup Rizki Kurniawan Nakasri di depan jamaah Masjid Ar-Rahman, masjid yang dibangun leluhur Proklamator Bung Hatta, yang dicirikan setidaknya satu penghafal Al-Quran untuk masing-masing rumah warga. Program Rumah Tahfidz per-nagari mendapat respon positif masyarakat Akabiluru, itu diperlihatkan dengan permintaan kepada Wabup Rizki Kurniawan Nakasri untuk menutupi kekurangan guru tahfidz di Batu Hampa. “Kita akan penuhi kekurangan guru tahfidz ini,” janji Rizki.

Kegiatan Safari Ramadhan 1443 H, yang secara marathon mendatangi warga di 35 masjid seputaran Limapuluh Kota, me­ngantarkan total Rp 700 juta untuk pemberdayaan masjid,  tak hanya selain mensyiarkan bulan suci Ramadhan, tentang isu-isu penting untuk menyukseskan pembangunan di Li­ma­puluh Kota, juga memotivasi masyarakat untuk mem-back up, program Pemprov Sumbar dan Program Strategis Nasional yang bakal me­macu pertumbuhan eko­nomi dae­rah. Seperti pembukaan ruas jalan baru Bonjol, Pasaman-Koto Ting­gi, Li­ma­puluh Kota serta Pemba­ngunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang melintasi wilayah Limapuluh Kota.

Safari Ramadhan yang ditutup dengan kunjungan Tim I di Masjid Baitul Hidayah, 18 April 2022 di Ampalu, Kecamatan La­reh Sago Halaban, memberikan catatan penting bahwa program kegiatan prioritas pasangan SAFARI semakin terpatri di masya­rakat dan segenap aspirasi warga yang terhimpun jadi modal berikutnya da­lam upaya menyejahterakan masyarakat. (**)

klik dan kunjungi kami

WEBSITE: www.limapuluhkotakab.go.id
FACEBOOK: Pemkablimapuluhkota
INSTAGRAM: @pemkablimapuluhkota
TWITTER: @pemkab50kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top