Menu

Sabar, Pendaftaran CPNS Padang 2021 Ditunda, BKPSDM Tunggu Petunjuk Teknis dari Pusat

  Dibaca : 57 kali
Sabar, Pendaftaran CPNS Padang 2021 Ditunda, BKPSDM Tunggu Petunjuk Teknis dari Pusat
Arfian kepala BKPSDM Pemko Padang.

AIA PACAH, METRO–Agenda tes calon pe­­ga­­wai negeri sipil (CPNS)­­tahun 2021 di­tun­da. ­Hing­­­­ga kini, Ba­dan Ke­pe­ga­waian dan Pe­ngem­­ba­ngan Sum­ber Da­ya Ma­nusia (BKPSDM)­ Pem­ko Pa­dang masih me­nung­gu pe­tun­juk teknis dari pu­sat sehingga pen­daf­taran dan tes belum bisa dilaksanakan.

“Minggu kemarin kita menerima pemberitahuan dari pusat. Bahwa peneri­maan CPNS 2021 masih ditunda. Kita masih tunggu petunjuk teknisnya dari pu­sat,” sebut kepala BKPSDM Pemko Padang, Arfian, Senin (7/6).

Dijelaskannya untuk tahun ini, kuota CPNS ha­nya 118 orang dan  PPPK se­banyak 12 orang. Selain itu, untuk guru, semua sta­tus­nya PPPK (Pegawai Pe­merintah dengan Perja­n­jian Kerja). Jumlahnya se­ba­nyak 476 orang.

“Kuota CPNS Pemko Padang kita untuk formasi di OPD teknis adalah seba­nyak 118 dan 12 orang.­Yang 12 orang itu statusnya PPPK. Selain itu, ada lagi sebanyak 476 orang terdiri dari guru dengan status PPPK semuanya,” kata Ar­fian.

Sebelum­nya, ­me­mang­sem­pat dijadwal­kan­pengu­muman CPNS ini akan di­umum­kan seca­ra resmi oleh BKPSDM Pemko Pa­dang pada tanggal 4 Juni 2021. Sementara pendaf­taran seleksi online adalah dari tanggal 4-21  Juni 2021.

Sejalan dengan itu, dari tanggal 4-30 Juni dilakukan seleksi berkas administrasi calon peserta yang men­daf­tar. Dan pengumuman hasil seleksi administrasi ini dilakuka  pada tanggal 30 Juni 2021.

Namun semua jadwal itu urung dilaksanakan. Karena sampai saat ini, petunjuk teknisnya belum ada dari pusat. “Ya,kita tunggu dulu petunjuk tek­nis­nya keluar. Sehingga bisa diumumkan lagi jadwal pastinya,” tandas Arfian.

Sementara Badan Ke­pe­gawaian Negara (BKN) hingga saat ini secara res­mi belum mengumumkan penerimaan calon pegawai aparatur sipil negara (ASN) tahun 2021.

Disampaikan Pelak­sa­na Tugas Kepala Biro Hu­mas BKN, Paryo­no ­Sab­tu (5/6), BKN belum pernah mengumumkan secara res­mi, kapan pembukaan penerimaan ASN tahun 2021. Dia menyatakan se­mua tahapan mulai dari pe­ngu­muman, pendaf­ta­ran hingga seleksi CPNS 2021 dilakukan oleh BKN. ­”Ken­dala belum diumum­kan karena terkait dengan regulasi yang sampai saat ini belum turun,” kata Pa­ryono.

Selain itu, Paryono me­ng­atakan adanya peru­ba­han dan revisi terkait for­masi yang belum selesai dilakukan berbagai ins­tansi.

Berdasarkan Surat Ke­pu­tusan Menteri Pember­da­yaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tambahan ASN secara nasional pada tahun anggaran 2021 untuk pemerintah pusat dan da­erah sebanyak 1.275.387 orang.

Adapun, rinciannya se­ba­nyak 83.669 orang untuk pemerintah pusat, terbagi atas 57.547 orang untuk ASN dan 26.122 orang un­tuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Sementara untuk pemerintah daerah seba­nyak 1.191.718 orang, terbagi atas 119.094 orang untuk PNS dan 1.072.623 orang untuk PPPK.

Pengumuman dan pen­daf­taran rekrutmen CPNS 2021 masih menunggu per­siapan rampung. Pejabat Kementerian Pendaya­gu­naan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Ke­men­pan RB), sebelumnya me­ngatakan seleksi CPNS ini masih dipersiapkan.

 ”Mudah-mudahan da­lam waktu dekat akan se­gera disampaikan (jadwal pendaftaran CPNS),” kata Pelaksana Tugas (Plt) Ke­pala Biro Hukum, Komu­ni­kasi dan Informasi Publik (HUKIP) Kemenpan RB Mo­­ham­mad Averrou­ce.­ (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional