Close

Rusdi: WTP bukan Prestasi, tapi Kewajiban

Ilustrasi WTP

SAWAHAN, METRO – Pemko Padang kembali meraih predikAt opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar. Tidak hanya Padang, kabupaten/kota lainnya di Sumbar juga meraih prestasi yang sama.

Banyaknya pemerintah daerah yang meraih WTP dari BPK ditanggapi dingin oleh pengamat pemerintahan, Rusdi Lubis. Menurutnya, WTP bukanlah suatu prestasi, melainkan suatu kewajiban dalam evaluasi pelaporan keuangan daerah.

“WTP itu bukan prestasi, tapi kewajiban setiap pemerintah daerah dalam menyusun laporan keuangannya yang sesuai standar,” sebut Rusdi.

Ia menjelaskan, dengan diraihnya WTP, berarti masing-masing pemerintah daerah itu sudah menyusun pelaporan keuangan dan aset sesuai standar yang ditentukan. Jika tidak sesuai standar, maka administrasi keuangan daerah kurang baik.

Namun dengan diraihnya WTP ungkapnya, tidak serta merta bahwa tidak ada penyimpangan yang terjadi. Karena bisa saja kenyataanya yang dilaporkan berbeda dengan kondisi sebenarnya.

“Itu sifatnya baru laporan. Kenyataanya, tentu masih ada pelanggaran yang terjadi dan perlu pembinaan,” sebutnya.

DPRD Padang Bangga

Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Muharlion mengaku bangga atas penghargaan yang diraih Pemko Padang tersebut. Ia berharap apa yang sudah diraih Pemko Padang bisa dipertahankan hendaknya.

Muharlion juga berharap, pengelolaan keuangan Kota Padang lebih baik lagi serta pengawasan internal sempurna hendaknya.

“Jangan sampai WTP diraih, namun kinerja ASN Pemko lambat. Ini tak seimbang namanya,” ujar kader PKS, Senin (27/5).

Anggota Komisi II DPRD Kota Padang lainnya, Ilham Maulana menyampaikan bahwa WTP yang diraih itu karena keseriusan para ASN dan kepala OPD dalam bekerja. Jadi jika ada pimpinan OPD yang tak menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, maka evaluasi saja dan jangan dipertahankan.

“Wali kota jangan pertahankan anak buahnya yang tak bekerja sesuai target yang diberikan. Nanti yang rugi pemko juga,” ucap kader Demokrat ini.

Kemudian ungkap Ilham, kepada kepala OPD yang ada di lingkungan Pemko Padang untuk memaksimalkan kinerja.

”Kepala OPD jangan lalai dalam bertugas, nanti hasilnya tak sempurna dan yang rugi pemerintah yang ada. Bekerja sesuai perencanaan yang telah disusun,” sebutnya. (tin/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top