Close

Rumah Warga Tertimpa Gempa di Kabupaten Pasaman Barat Dibersihkan

BERSIHKAN—Wali Nagari Paritmalintang Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman Sudirman bersama Babhinsa serta masyarakat membersihkan puing-puing rumah warga yang tetimpa musibah gempa di Kabupaten Pasaman Barat.

PDG.PARIAMAN, METRO–Walinagari Paritmalintang Kecamatan Enam Ling­kung, Kabupaten Padangpariaman Sudirman bersama  Babhinsa serta ma­syarakat kemarin, membersihkan puing puing rumah warga yang tetimpa musibah gempa di Kabupaten Pasaman Barat. Di samping memebrikan bantuan ala kadarnya rombo­ngan Walinagari yang terdiri karang taruna,  Babhinsa dan PKDP setempat juga membantu warga dalam  membersihkan puing puing rumah warga setempat di Kajai Pasaman barat.

“Kita berjibakuberaksi demi kemanuasiaan di lokasi gempa di Nagari Kajai Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, walau sekarang masih dalam tanggap darurat,” kata Walinagari Paritmalintang Sudirman, kemarin.

Katanya, masyarakat Nagari Paritmalintang ka­rena pernah merasakan musibah gempa tahun 2009, atas dasar itulah ma­sya­rakat dan rombongan ini merasa terpangil memberikan bantuan kepada masyarakat korban gempa di Kabupaten Pasaman Barat ini. Ini dilakukan jelasnya, dalam rangka membantu mempercepat pemulihan, di antaranya pembersihan rumah-rumah warga yang rusak berat akibat diguncang gempa Jumat belum lama ini. “Pem­bersihan tersebut kita lakukan dengan cara membersihan rumah warga dari puing-puing, merobohkan sisa bangunan yang rusak parah dan mem­bahayakan bagi keselamatan. Dengan demikian, warga setempat dapat kembali mendirikan hunian sementara atau tetap,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan , ia bersama rombongan mewakili masyarakat Paritmalintang karena merasa terpanggil dalam persoalan dampak gempa yang di­rasakan masyarakat cukup berat ini, sebab mereka kehilangan tempat tinggal atau setidaknya mengalami kerusakan.  “Gempa ini juga menyisakan kesedihan mendalam. Karena itu, kita mebantu warga setmpat dan pemerintah dalam tanggap darurat oleh pemerintah, peran relawan secara berkelanjutan mem­bantu pembersihan sisa puing sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Apalagi rombongan Pa­ritmalintang ini jelasnya, tidak bisa membiarkan warga korban gempa terlalu larut lama dalam ke­sedihan pasca gempa 6.1 skala richter, Makanya, ia  siap bersama warga bekerja membersihkan puing rumah korban bencana ini . “Alhamdulillah, masyara­kat Kajai kita lihat secara mandiri telah mulai meruntuhkan rumah yang tidak layak lagi untuk di tempati, Kita dalam hal ini hanya membantu warga tersebut dalam membersihkan rumahnya,” tandasnya me­ngakhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top