Menu

Rumah Panggung Diamuk Api di Kelurahan Padang Tinggi Piliang

  Dibaca : 134 kali
Rumah Panggung Diamuk Api  di Kelurahan Padang Tinggi Piliang
PADAMKAN API—Tim Damkar Kota Payakumbuh memadamkan api yang membakar rumah panggung di Kelurahan Padang Tinggi Piliang

POLIKO, METRO–Satu unit  rumah pang­gung semi permanen ter­ba­kar hebat di Kelurahan Padang Tinggi Piliang te­pat disamping Mushalla Al-Marhamah, Senin (21/6) sekitar pukul 01.20 WIB dinihari. Sontak kejadian itu membuat warga yang sedang tertidur lelap ber­ha­mburan keluar rumah dan melaporkan ke pema­dam kebakaran.

Damkar Kota Paya­kumbuh langsung berge­gas ke lokasi setelah men­dapat informasi dari war­ga, kalau ada kebakaran terjadi pada rumah pang­gung milik Safnidar (76), nenek dari Chandra Ham­zah.

Kasatpol PP dan Dam­kar Kota Payakumbuh, Devitra melalui Kabid Dam­kar Budy Kurniawan bersama Kasi Ops Eci dan Danton Indra Jaya me­merintahkan Danru 1 No­vianto Nizar untuk me­ngirimkan seluruh armada dan personil ke lokasi un­tuk melakukan pema­da­man. Dibantu 3 unit armada Damkar Kabupaten Limapuluh Kota.

Dari informasi yang diperoleh dari Kabid Dam­kar Budy Kurniawan, me­nurut keterangan saksi api berasal dari arah dapur. Personil damkar berjibaku dengan api selama 1,5 jam, dan beruntung rumah yang berbahan kayu tersebut tak rata dengan tanah. Disamping cepat diketa­hui warga sekitar, juga cepat dilaporkan kepada Damkar Kota Payakum­buh.

“Alhamdulillah berkat kecepatan personil dam­kar, dan kesigapan warga sekitar memberikan per­to­longan kemudian me­nelpon Damkar, sehingga kondisi fisik rumah tidak habis semua dilalap si jago merah, dan syukur­nya tidak ada korban jiwa da­lam peristiwa itu,” kata Budy.

Pihaknya juga meng­him­bau kepada masya­rakat Kota Payakumbuh agar tetap waspada teru­tama rumah dan tempat usaha agar menyediakan alat pemadam api ringan sehingga jika terjadi ke­bakaran tingkat awal da­pat segera diantisipasi secara langsung.

Serta diharapkan ke­pa­da warga agar menge­cek kembali instalasi yang sudah tidak layak pakai karena sebagian besar kebakaran yang terjadi di Kota Payakumbuh karena adanya arus pendek ins­talasi listrik. Dia juga me­minta warga untuk bisa menghuhungi Damkar bi­la terjadi kebakaran pada no­mor Quick Response. “Un­tuk quick response Pe­ma­dam Kebakaran War­ga da­pa­t menghu­bungi 0752-92­913,” pungkasnya. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional