Close

Rumah Kesehatan Covid Berbasis Kaum di Kecamatan Padangpanjang Timur

HADIRKAN—Pemko Padangpanjang Hadirkan Rumah Kesehatan Covid di Tingkat kelurahan.

Mengendalikan penyebaran virus Covid-19, Pemko  Padangpanjang melalui kelurahan terus berinovasi. Buktinya, sejumlah kelurahan terus berupaya menghadirkan Rumah Ke­sehatan Covid (RKC) berbasis kaum. RKC telah hadir di Kelurahan Ganting,  Kecamatan Padangpanjang Timur, sebagai inovasi baru di Kota Pa­dang­panjang.

Pembentukan rumah isolasi ber­basis kaum ini, langsung ditinjau Sekdako, Sonny Budaya Putra,  Rabu (23/6). Dua rumah itu milik kaum Datuak Simarajo dan Datuak Lelo Anso, Kana­garian Gunung.

Sonny sangat mengapresiasi ino­vasi Kelurahan Ganting yang mengem­bangkan potensi dan swadaya dari masyarakat untuk bahu-membahu menghadapi pandemi Covid-19 dengan cara mendirikan Rumah Kesehatan ini.

“Pemko mengapresiasi sekali, khususnya terhadap kaum Datuak Simarajo dan Datuak Lelo Anso yang telah berpartisipasi dalam penanganan Covid-19. Di mana beliau sudah ber­kenan meminjamkan rumahnya untuk dijadikan Rumah Kesehatan Covid-19,” ucap Sonny.

Sonny mengatakan, dalam meng­hadapi pandemi, selain pemerintah, masyarakat juga diminta untuk lebih maksimal dalam menangani Covid-19.  Dengan adanya Rumah Kesehatan ini, perlu ada protap yang jelas ketika menyikapi hadirnya masyarakat dari luar yang datang kemari.

“Mudah-mudahan dengan adanya Rumah Kesehatan Covid-19 ini, dapat membantu kita semua, khususnya masyarakat Ganting dalam meng­hadapi pandemi Covid-19,” ujar Sonny.

Sementara itu, Camat Padang­panjang Timur, Doni Rahman mengung­kapkan, ke depan akan menyusul beberapa rumah lagi dari masyarakat yang mau meminjamkan rumahnya untuk dijadikan sebagai Rumah Kese­hatan Covid-19 ini.

“Ini merupakan salah satu bentuk sinergitas kita antara Pemko dan masyarakat dalam menghadapi Covid-19. Jadi nanti kalau ada yang sakit dan tidak muat lagi di rumah sakit, bisa kita isolasi di Rumah Kesehatan. Semoga dengan kebersamaan yang kita laku­kan ini, dapat segera menuntaskan pandemi Covid-19,” ungkap Doni.

Turut mendampingi kunjungan Sekdako Sonny, di antaranya Asisten III Bidang Kemasyarakatan, Martoni SSos MSi, Staf Ahli Bidang Kema­syarakatan, Yas Edizarwin SH, Kadis Kominfo, Drs Ampera SH MSi, Kadis Sosial PPKB PPPA, Drs Osman Bin Nur, Lurah Ganting Januardi SE serta Ketua LPM Ganting, Defrial. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top