Menu

Rumah Gadang Suku Chaniago Lubuk Tarok Terbakar

  Dibaca : 313 kali
Rumah Gadang Suku Chaniago Lubuk Tarok Terbakar
TERBAKAR— Rumah Gadang Suku Chaniago di Jorong Sikaladi, Nagari Lalan, Kecamatan Lubuk Tarok mengalami kebakaran dan merambat ke rumah warga.

SIJUNJUNG, METRO
Rumah Gadang Suku Chaniago ludes terbakar di Jorong Sikaladi, Nagari Lalan, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Sabtu (6/6) sekitar pukul 10.30 WIB. Bahkan, api juga merambat membakar rumah warga yang berada di sebelah rumah gadang tersebut.

Lantaran bangunan rumah gadang yang sebagian besar berbahan kayu, membuat api dengan cepat membesar, sehingga tak banyak barang yang bisa diselamatkan oleh warga. Hanya hitungan menit rumah gadang suku chaniago yang penuh kenangan itupun rata dengan tanah.

Masyarakat sekitar sempat berusaha berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya, sebelum petugas pemadam kebakaran sampai ke lokasi kejadian. Tetapi, usaha warga tidak membuahkan hasil, api baru bisa dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran bersama beberapa petugas dengan sigap menyemprotkan air ke titik api.

 ”Api pertama kali diketahui dari bagian belakang rumah gadang. Warga melihat asap dari sana dan langsung berusaha memadamkannya. Namun api cepat membesar sehingga membakar seluruh bagian rumah,” tutur Kapolsek Lubuk Tarok, AKP Joni Isnandar, melalui Kasubag Humas Iptu Nasrul, Sabtu (6/6).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut namun, dua unit rumah dilaporkan hangus terbakar dan menimbulkan kerugian ratusan juta rupiah. “Dugaan sementara api berasal dari sisa pembakaran obat nyamuk. Tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.00, setelah dua unit mobil Damkar tiba di lokasi. “Satu rumah diantarnya merupakan rumah permanen milik warga setempat, berada tepat di sebelah rumah gadang. Kerugian materi mencapai lebih kurang Rp 500 juta,” terangnya. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional