Menu

Rumah Gadang Bundo Kanduang Minangkabau, Pelihara dan Tingkatkan Nilai-nilai Kebudayaan di Sumbar

  Dibaca : 81 kali
Rumah Gadang Bundo Kanduang Minangkabau, Pelihara dan Tingkatkan Nilai-nilai Kebudayaan di Sumbar
Puti Reno Raudha Thaib menandatangani prasasti pemakaian Rumah Gadang Bundo Kanduang Minangkabau bersama Gubernur Sumbar.

PADANG, METRO–Dinas Kebudayaan Sumbar punya agenda luar biasa di akhir tahun 2020 ini. Selain meluncurkan buku biografi dan meresmikan monumen Achmad Mochtar, juga meresmikan pemakaian Rumah Gadang Bundo Kanduang Minangkabau yang terletak di Kompleks Masjid Raya Sumbar di Padang.

Rumah Gadang “khusus” tersebut diharapkan mampu menjadi lokasi tempat pelestarian kebudayaan Minangkabau. Karena langsung dikelola oleh Bundo Kanduang Sumbar. Tentunya menjadi tempat yang layak dikunjungi untuk anak muda Minang di ranah atau di Rantau.

Kepala Dibas Kebudayaan (Disbud) Sumbar Gemala Ranti berharap agar kehadiran Rumah Gadang Bundo Kanduang Minangkabau yang letaknya berdampibgan dengan Gedung Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar itu bisa difungsikan semaksimal mungkin untuk memelihara dan meningkatkan nilai-nilai kebudayaan di Sumbar.

“Kita tentu berharap upaya pelestarian nilai-nilai itu terus menuju arah yang lebih baik. Kita berharap agar Rumah Gadang Bundo Kanduang ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kegiatan pelestarian budaya itu,” kata Gemala Ranti usai peresmian pemakaian yang dilakukan Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno, Senin (28/12/2020).

Sementara itu, Ketua Persatuan Bundo Kanduang Sumatera Barat Puti Reno Raudha Thaib menyebutkan, penerimaan Rumah Gadang Bundo Kanduang Minangkabau merupakan bingkisan manis bagi bundo kanduang dari Pemprov Sumbar, di bawah kepemimpinan Gubernur Irwan Prayitno.

“Bundo kanduang di Sumbar mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Pemprov Sumbar, Dinas Kebudayaan, Gubernur Sumbar, serta Anggota DPR RI Nevi Zuairina yang ikut memberikan pembinaan terhadap organisasi bundo kanduang hingga saat ini. Kehadiran Rumah Gadang Bundo Kanduang Minangkabau ini adalah tonggak sejarah baru yang akan senantiasa dikenang,” ucapnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional