Menu

Rumah Dinas Kakanwil Kemenkumham Dibobol, Mantan Sopir Sakit Hati karena Dipecat

  Dibaca : 316 kali
Rumah Dinas Kakanwil Kemenkumham Dibobol, Mantan Sopir Sakit Hati karena Dipecat
PERLIHATKAN BUKTI— Kapolsek Padang Timur AKP Afrides Roema memperlihatkan barang bukti mobil milik Kakanwil Kemenkumham Sumbar yang dicuri mantan sopir.

PADANG, METRO
Aksi pencurian yang terjadi di rumah dinas Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumbar di Jalan Kehakiman, Kelurahan Sawahan Timur, Kecamatan Padang Timur beberapa waktu lalu, akhirnya terungkap.

Usut punya usut, pelakunya ternyata bernama Rico Firmansyah yang merupakan mantan sopir Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Suharman. Pelaku ditangkap jajaran Polsek Padang Timur di Perumahan Pinang Agam Permai, Nagari Kampung Pinang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sabtu (1/8) yang lalu.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku melakukan aksi pencurian itu lantaran sakit hati dengan mantan majikannya yang sudah memecatnya sebagai sopir. Dalam aksi pencurian itu, pelaku berhasil kabur satu unit minibus jenis Toyota Vios milik Kakanwil Kemenkumham Sumbar, sepeda motor Kawasaki Ninja, serta satu unit televisi LCD berukuran 43 inci.

Kapolsek Padang Timur, AKP Afrides Roema mengatakan, pelaku nekat melakukan aksi pencurian lantaran sakit hati karena dipecat sebagai sopir. Pelaku diketahui telah berhenti sebagai sopir sejak enam bulan belakangan. Penyebab dipecat sebagai sopir Kakanwil Kemenkumham Sumbar karena kinerja kurang baik. Sebelumnya, pelaku sudah pernah ketahuan mencuri barang-barang pegawai.

“Dari keterangan korban, ia meninggalkan rumah tersebut pada hari Senin (27/7) sekitar pukul 06.00 WIB. Pelaku melakukan aksi pencurian sekitar pukul 23.30 WIB. Saat kembali ke rumah pada hari Selasa (28/7) sekitar pukul 12.00 WIB, barulah korban mengetahui rumahnya kemalingan dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Padang Timur,” kata AKP Afrides.

AKP Afrides menjelaskan, menindaklanjuti laporan itu, pihaknya kemudian melakukan penyelidikan terkait kasus pencurian itu dan diduga kuat pelakunya ternyata mantan sopir Kakanwil Kemenkumham. Pihaknya kemudian melakukan pencarian terhadap keberadaan pelaku dan berhasil ditangkap di Kabupaten Agam saat sedang tertidur di lokasi pelariannya.

“Setelah dilakukan penangkapan, kita interogasi pelaku untuk mencari keberadaan barang hasil curian. Kita lakukan pengembangan dan mengamankan barang bukti berupa satu mobil Toyota Vios di sebuah bengkel Kabupaten Solok Solok yang sedang diperbaiki, sepeda motor Kawasi Ninja ditemukan di kawasan Kecamatan Kuranji dan televisi LCD di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang setelah sebelumnya sempat dijual oleh pelaku melalui online seharga Rp 2,3 juta,” jelas AKP Afrides.

Ditambahkan oleh Afrides, pelaku ini melakukan pencurian disaat kondisi rumah dalam keadaan kosong disaat penghuninya tengah bepergian ke luar daerah. Pelaku melakukan aksinya itu seorang diri mengingat pelaku ini telah megetahui seluk beluk dan kondisi rumah karena telah lama cukup lama bekerja sebagai sopir korban.

“Kecurigaan kami bahwa pelakunya adalah orang yang mengenal kondisi rumah dinas tersebut karena mengetahui dimana peralatan yang dicuri berada. Selain itu ada satu TV yang tidak diambil oleh pelaku karena rusak. Hal tersebut lah yang menguatkan kecurigaan Kami bahwa pelaku adalah orang lama dirumah tersebut,” jelas AKP Afrides.

Bahkan, menurut AKP Afrides, pelaku juga mengetahui kalau rumah dinas Kakanwil Kemenkumham tidak ada penjaga atau satpam. Begitupun, kamera pengawas (CCTV) juga tidak ada sama sekali. Beruntung, hasil penyelidikan dapat mengetahui pelaku pencurian.

“Saat ini, pelaku telah mendekam di sel tahanan Polresta Padang untuk persiapan pemberkasan. Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan terancam hukuman di atas lima tahun penjara,”pungkasnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional