Close

Rudi Hartono Ingatkan BPKH, Dana Haji Jangan Sampai Salah Urus

Anggota Komisi VIII DPR RI Rudi Hartono Bangun

JAKARTA, METRO–Anggota Komisi VIII DPR Rudi Hartono Bangun mewanti-wanti Badan Penge­lola Keuangan Haji (BPKH) jangan sampai sa­lah dalam mengelola dana haji yang jumlahnya lebih dari Rp 7 triliun. Rudi me­ngatakan komisi agama DPR RI juga akan selalu memonitor lembaga yang di­pimpin Anggito Abi­ma­nyu dalam mengurus dana jemaah calon haji tersebut.

“BPKH ini kita (DPR, red) awasi,” ucap Rudi dalam keterangannya pa­da Sabtu (5/6).

Pihaknya mengaku per­­nah bertanya langsung kepada Anggito selaku kepala BPKH terkait dana haji yang diinvestasikan secara syariah, dan BPKH memastikan investasinya aman.

Dia pun berpesan ja­ngan sampai investasi da­na haji salah urus seperti ka­sus yang terjadi di PT Jiwasraya dan Bumiputera.

“Aman, investasi harus aman dan tidak diper­gu­nakan ke investasi yang ti­dak menguntungkan. In­ves­tasi yang enggak jelas seperti Jiwasraya, Bumi­putera, itu kan penjahat itu. Mereka mengelola uang nasabah, dimainkan,” tutur Rudi.

Politikus asal Sumatera Utara itu menyebut BPKH telah menjamin dana haji tersebut dikelola secara baik. Rudi juga menyambut baik keputusan pemerintah yang memperbolehkan calon haji 2021 yang batal berangkat untuk menarik biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) yang telah mereka lunasi.

Penarikan uang pelu­nasan itu juga tidak meng­hilangkan hak jemaah un­tuk berangkat pada musim haji berikutnya.

Namun demikian, Rudi berharap para jemaah bi­jak mengambil keputusan apakah akan menarik atau tetap menyimpan pelu­nasan BPIH di BPKH.

“Kalau tidak terlalu men­desak tetap disimpan. Ka­lau mereka butuh tidak ada salahnya mereka me­ngam­bil untuk kepentingan yang lebih penting,” pung­kas Rudi. (fat/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top