Menu

Ruas Jalinsum Rusak Parah, Sering Memicu Kecelakaan Lalu Lintas

  Dibaca : 99 kali
Ruas Jalinsum Rusak Parah, Sering Memicu Kecelakaan Lalu Lintas
REBAH KUDA—Truk rebah kuda Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung karena jalan lintas Sumatera ini sudah mengalami rusak parah.

SIJUNJUNG, METRO
Akibat ruas Jalan Lintas Sumatera (jalinsum) yang rusak parah menyebabkan kendaraan truk fuso mengangkut batu bara mengalami rebah kuda, kemarin. Peristiwa ini terjadi di Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung. Kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan yang rusak kerap kali terjadi karena kondisi jalan yang sudah rusak parah.

Akibat kecelakaan tunggal tersebut, arus lalu lintas di Jalinsum sempat terganggu hingga akhirnya anggota dari Satlantas Polres Sijunjung tiba di lokasi dan mengatur lalu lintas dengan sistim buka tutup, karena kendaraan truk yang rebah menutup sebagian badan jalan.

Informasi yang diperoleh, truk fuso dengan nopol BA 9913 PW itu melaju dari arah Kiliran Jao menuju Solok. Sesampai di TKP, truk bermuatan berat itupun sempat oleng kehilang keseimbangan karena kontur jalan yang tidak rata dan rusak, kemudian rebah kearah kiri jalan hingga muatan batu bara yang diangkut berserakan dipinggir jalan.

Meskipun tidak ada korban jiwa pada kecelakaan tunggal akibat jalan rusak itu namun, truk mengalami rusak dan kaca depan pecah. Sedangkan sopir truk berhasil menyelamatkan diri.

Kasubag Humas Polres Sijunjung, Iptu Nasrul Nurdin mengatakan, kecelakaan tunggal itu murni disebabkan karena kondisi jalan yang rusak parah. “Sudah sering terjadi disana, kendaraan berukuran besar maupun bermuatan berat kerap kali rebah dan terbalik akibat kondisi jalan yang rusak berat. Sempat ada kemacetan, lalu anggota dari Satlantas turun kelokasi untuk mengatur arus lalin,” tutur Nasrul Nurdin, Rabu (25/3).

Pihaknya mengimbau agar pengendara berhati-hati saat melintasi jalur lintas sumatera karena di beberapa titik terdapat jalan rusak yang membahayakan pengguna jalan.

“Tetap waspada, karena sudah banyak kendaraan yang mengalami kecelakaan akibat jalan rusak di jalinsum. Kondisi jalan rusak itu sudah lama terjadi, kita imbau pengguna jalan berhati-hati dan utamakan keselamatan saat berkendara,” terang Nasrul Nurdin.

“Tidak ada korban jiwa, anggota dibantu masyarakat mengupayakan untuk proses evakuasi kendaraan agar arus dari dua jalur tidak terganggu,” tambah Nasrul. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional