Close

RSUP M Djamil Luncurkan Aplikasi Bigstar, Bank Data untuk Riset Peneliti di Indonesia

PELUNCURAN BIGSTAR— Jajaran direksi RSUP M Djamil Padang, bersama Rektor UNP Ganefri dan anggota DPD RI Emma Yohanna saat menghadiri peluncuran aplikasi Big Data in Support of Analystical Research (Bigstar), Kamis (23/9).

JATI, METRO–Sebagai salah satu rumah sakit pendidikan kelas A dan rumah sakit vertikal milik Kementrian Kesehatan di Sumatera Barat, RSUP M Djamil Padang meluncurkan aplikasi Big Data In Support of Analystical Research (Bigstar).

Aplikasi pertama di Indonesia ini berisikan data-data yang dibutuhkan dalam hal penelitian yang inovatif, berbasis bukti dan terpublikasi internasional. Peluncuran yang dilaksanakan Kamis (23/9) tersebut selain dihadiri jajaran di­rek­si RSUP M Djamil Pa­dang, hadir juga Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Ganefri dan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Emma Yohanna serta tamu un­dangan yang lain.

Dalam kesempatan ter­­sebut, Direktur Utama RSUP M Djamil Padang Yusirwan Yusuf men­je­las­kan, RSUP M Djamil Pa­dang harus bisa menjadi rumah sakit berbasis riset, dan berafiliasi dengan in­sti­tusi pendidikan di Indo­ne­sia.

“Baru RSUP M Djamil Pa­dang yang memiliki bank data yang dapat di­per­­gu­nakan oleh para pe­ne­liti di Indonesia. RSUP M Djamil Padang diharapkan dapat seperti Johns Hop­kins Hospital dan Mayor Clinic di Amerika Serikat yang da­pat mem­berikan data un­tuk bahan pene­litian. Jadi, aplikasi Bigstar yang dilun­curkan RSUP M Djamil Pa­dang merupakan satu-sa­tunya aplikasi di Indonesia yang menyajikan bahan kajian penelitian yang da­pat diak­ses siapa saja di se­luruh dunia,” ucapnya.

Yusirwan Yusuf menje­las­kan juga, aplikasi Bigstar di­buat didasarkan sulitnya mengumpulkan data se­kun­der, dan membutuhkan waktu yang lama dalam hal mengumpulkan data re­kam medis yang mayo­ritas berbentuk resume medis.

“Saat pandemi ini, ba­nyak peneliti yang meng­hin­dari melakukan pene­litian dengan mengum­pul­kan data primer, sehingga peneliti banyak meman­faat­kan penggunaan data se­kunder dalam peneli­tian­nya. Peluncuran Bigstar sesuai dengan visi RSUP M Djamil Padang menjadi rumah sakit terkemuka dalam hal pelayanan, pen­di­dikan, dan penelitian di Asia Tenggara,” tam­bah­nya.

Direktur SDM, Pen­didi­k­an dan Umum RSUP M Djamil Padang Dovy Dja­nas, yang ditunjuk sebagai narasumber dalam kesem­patan tersebut menam­bah­kan, Bigstar meru­pa­kan jawaban sekaligus tan­tangan untuk menjadi pu­sat data peneliti terkait de­ngan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Data-data yang sulit diakses oleh seorang pene­liti, mahasiswa, dosen da­lam bidang kesehatan, de­ngan memanfaatkan apli­kasi ini dapat memperoleh data penelitian dengan cepat, mudah, valid, dan ter­percaya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dovy Dja­nas,  menambahkan, Bigs­tar menghimpun data yang berkaitan dengan pela­yanan kepada pasien, yang terintegrasi dengan sistim in­formasi managemen RSUP M Djamil Padang. Al­hasil, data yang diperoleh dapat dijadikan pusat data yang mendukung pene­litian di bidang kesehatan.

“RSUP M Djamil Pa­dang menciptakan aplikasi Bigstar sesuai dengan ama­nat dari Menteri Kese­ha­tan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU yang ingin menjadikan seluruh rumah sakit vertikal men­jadi pusat riset nasional, dan RSUP M Djamil Padang siap dalam hal mendukung pelayanan kesehatan ma­sya­rakat berbasis riset,” tutup­nya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top