Menu

RSUP M Djamil Canangkan Vaksinasi untuk Ibu Hamil, Dovy Djanas: Ibu dan Janin Rentan Terpapar Covid-19

  Dibaca : 109 kali
RSUP M Djamil Canangkan Vaksinasi untuk Ibu Hamil, Dovy Djanas: Ibu dan Janin Rentan Terpapar Covid-19
VAKSINASI IBU HAMIL— RSUP M Djamil Padang melakukan vaksinasi untuk ibu hamil, kemarin.

JATI, METRO–Saat ini Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah merekomendasikan wanita hamil untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Oleh karena itu, ketua POGI Sumbar yang juga Direktur Umum SDM dan Pendidikan RSUP M Djamil Padang, Dr. Dr. Dovy Djanas, SpOG(K) meng­himbau agar ibu hamil agar mendapat pelayananan vaksinasi Covid-19. 

Hal ini diungkapkan Do­vy Djanas saat penca­na­ngan vaksinasi ibu hamil dan anak serentak dila­kukan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Gu­bernur Sumbar Audy Joi­naldy di RSUP M Djamil Padang, Kamis (19/8).

Dalam kesempatan itu, Dovy Djanas menjelaskan ibu hamil sangat rentan terpapar oleh Covid-19. Selain itu, janin yang dikan­dungnya juga rentan ter­papar Covid-19. Oleh ka­rena itu, dengan mela­kukan vaksinasi terhadap ibu hamil, diharapkan da­pat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

“Peningkatan ibu hamil karena covid dalam ke­adaan berat pada saat ini banyak ditemui. Tentu sa­ja,  wanita hamil memiliki peningkatan risiko jika ter­in­feksi Covid-19,” ujar Do­vy.

Dikatakannya, dari da­ta POGI terhitung April 2020 hingga Maret 2021, tercatat sebanyak 536 ibu hamil terpapar Covid-19. Selain itu, 72 persen ibu hamil terpapar Covid-19 berada di kehamilan 37 minggu. 

“Selain itu, 46 persen dari ibu hamil mem­bu­tuhkan perawatan in­tensif dari rumah sakit. Oleh karena itu, vaksinasi de­ngan Sinovac merupakan cara ampuh untuk men­cegah penyebaran Covid-19 bagi ibu hamil,” ucap­nya. 

Lebih lanjut, Dovy Dja­nas meminta dukungan se­mua pihak, termasuk tokoh agama, pemerintah daerah untuk dapat men­so­sia­lisa­sikan vak­sinasi bagi ibu ha­mil.

“Dengan adanya dek­larasi pada hari ini, di­harapkan kepala daerah me­lalui dinas kese­ha­tan­nya dapat melak­sanakan vaksinasi terhadap ibu hamil. Pada saat ini di Sum­bar terdapat 28 ribu ibu hamil yang harus men­dapat vaksinasi Covid-19. Dengan melakukan screa­ning, vaksinasi dan obser­vasi, diharapkan tidak me­nimbulkan permasalahan setelah mendapat vak­si­nasi,” jelasnya. 

Dalam kesempatan ter­­sebut, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy me­nyam­but baik kegiatan pen­­canangan vaksinasi Co­vid-19 untuk ibu hamil di RSUP dr. M. Djamil Padang. 

Menurutnya, kegiatan yang juga dilakukan seren­tak di seluruh Indonesia ini, wagub berharap bisa me­nuntaskan vaksinasi Co­vid-19 khusus ibu hamil. Vaksinasi terhadap ibu hamil sendiri sesuai de­ngan Surat Edaran Kemen­kes Nomor HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vak­si­nasi Covid-19 bagi Ibu Ha­mil dan Penyesuaian Skri­ning dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

“Melihat antusiasnya, kita yakin vaksinasi Covid-19 bagi para bumil ini bisa tercapai. Saat ini kita beri­kan vaksinansi bagi Bumil usia kandungannya diatas 12 minggu sampai sekitar 33 minggu,” jelasnya.

Selain itu, Audy juga menyampaikan, pihaknya masif menyasar dan gen­car memberikan vaksin, selain kelompok masya­rakat umum, termasuk un­tuk Bumil. 

“Setelah keluarnya Per­men­kes yang mem­perbolehkan Bumil untuk di­vaksin, kami langsung gerak cepat memberikan vaksin pada Bumil. Vaksin Covid-19 aman bagi wanita hamil dan menyusui,” tutup­nya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional