Menu

RSUP Dr. M. Djamil Padang Gelar Gebyar Vaksinasi Gratis

  Dibaca : 178 kali
RSUP Dr. M. Djamil Padang Gelar Gebyar Vaksinasi Gratis
RSUP Dr. M. Djamil Padang menggelar gebyar vaksinasi gratis bagi masyarakat umum di halaman poliklinik rawat jalan RSUP Dr. M. Djamil Padang, Sabtu (3/7).

PADANG, METRO–Dalam rangka perce­patan vaksinasi covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M. Djamil Pa­dang menggelar gebyar vak­sinasi gratis bagi ma­sya­rakat umum. Gebyar vaksinasi gratis tersebut dibuka langsung oleh Di­rek­tur utama (Dirut) RSUP Dr. M. Djamil Padang Yu­sirwan Yusuf, Sabtu (3/7) di halaman poliklinik rawat jalan RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Selain itu, kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan (prokes) juga dihadiri oleh Kepala dinas kesehatan Provinsi Sum­bar Arry Yuswandi, kepala dinas kesehatan kota Pa­dang Fery Mulyani, serta tokoh masyarakat yang juga wakil gubernur Sum­bar periode 2016-2020 Na­s­rul Abit yang juga didapuk se­bagai duta vaksinasi lansia provinsi Sumbar, serta jajaran direksi RSUP M. Djamil.

Dalam melaksanakan vaksinasi gratis tersebut RSUP M. Djamil menye­diakan pojok vak­sinasi yang akan buka se­tiap harinya dengan yarat yang dibutuhkan untuk men­dapatkan vaksin ini hanya membawa foto copy KTP.

“Kami dari rumah sakit mencoba membuat suatu terobosan lagi. Karena kami memiliki SDM me­mang spesialis terbaik di Sumbar ini. Target kami 2 ribu (orang) satu hari, se­dang­kan kami bisa buka hing­ga 4-5 ribu. Kami pu­nya 11 tim vaksinator, itu standby semua,”ujar Yusir­wan.

Pojok vaksinasi gratis ini, kata Yusirwan, akan buka setiap hari hingga pukul 16.00 WIB. Selain itu, pihaknya juga berencana membuat vaksinasi berja­lan dengan menyasar wila­yah pelosok di Sumbar.

“Menimal tiga kali se­minggu kami akan sasar kecamatan-kecamatan di Sumbar ini mengerahkan empat tim. Ada vaksi­nator­nya, ambulans. Pokoknya kami buat rumah sakit ber­ja­lan untuk menyusuri pe­lo­sok,” jelasnya.

Yusirwan mengatakan, gebyar vaksinasi ini se­bagai upaya agar herd imm­unity masyarakat Sum­bar tercapai. Pihaknya mengklaim memiliki dosis vaksin jenis sinovac tak terbatas.

“Alhamdulillah untuk RSUP M Djamil kami koor­dinasi langsung ke Ke­men­kes. Akses dosis kami tidak terbatas dari dinas, tapi langsung Kemenkes,” ujar­nya.

Yusirwan mengimbau kepada masyarakat Sum­bar, khususnya lanjut usia dan memiliki penyakit ba­waan agar dapat melak­sanakan vaksinasi. Upaya untuk meningkatkan keke­balan tubuh hanya melalui vaksin.

“Untuk masyarakat yang ingin divaksin, mari datang ke RSUP Dr M Jamil Padang, cukup hanya mem­­bawa foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan tidak penting itu warga asal ma­nanya. Pokoknya me­miliki KTP bisa menerima Vaksinasi Covid-19 ter­sebut,” pungkasnya.

Kepala Dinas kese­ha­tan Sumbar Arry Yuswandi mengatakan, ba­nyak war­ga terpapar covid-19 bera­sal dari kelompok yang belum mendapatkan vaksi­nasi.

“Memang rata-rata se­te­lah kami lihat data, kami cek, banyak terkena positif covid-19 kalau diban­ding­kan kelompoknya itu yang belum melakukan vak­sin,­”kata Arry.

Berdasarkan data, ka­tanya, warga Sumbar yang telah mendapatkan vaksi­nasi sebanyak 317 ribu orang atau baru 36 persen. Sementara target pen­ca­paian vaksinasi saat ini men­capai 2,2 juta orang.

“Vaksinasi terendah ada di Kabupaten Agam. Faktor rendahnya lantaran memang bisa jadi mobi­lisasi masyarakat (minim) untuk vaksinasi. Kalau ke­ter­sediaan vaksin kita cu­kup,” jelasnya.

Dinas Kesehatan meng­ungkap positif covid-19 di Sumbar telah men­capai 52.190 kasus. Arry menduga, peningkatan ka­sus positif lantaran adanya temuan varian covid-19 terbaru.

“Kami menduga, ya, karena ada suatu kondisi yang cepat penularannya. Tapi kepastian (varian ba­ru) itu belum ada, mesti dicek lagi di laboratorium,” tuturnya.

Terhadap kondisi ter­sebut Kadinkes mengajak masyarakat untuk terus menerapkan prokes yang ketat dan melakukan vak­sinasi, mengingat kondisi pandemi yang semakin meningkat. Arry berke­ya­kinan, dengan upaya yang dilakukan RSUP M Djamil melakukan ge­byar vaksin ini akan semakin me­ning­katkan ke­per­ca­yaan ma­syarakat di te­ngah perde­batan ke­ama­nan vaksin.

“Kegiatan yang diini­siasi oleh M Djamil, kami berkeyakinan akan me­ning­katkan animo masya­rakat untuk mau divak­sin.”ucapnya menyambut baik kegiatan tersebut. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional