Menu

RSUD Ahmad Mochtar Belum Layak Tangani Pasien Corona

  Dibaca : 549 kali
RSUD Ahmad Mochtar Belum Layak Tangani Pasien Corona
MENINJAU—Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat meninjau ketersediaan sarana untuk pelayanan diduga corona di RSUD Achmad Mochtar di Bukittinggi, Selasa (3/3).

BUKITTINGGI, METRO
Pemprov Sumbar berupaya mengatasi penyebaran virus corona masuk ke Sumbar. Salah satunya dengan menyiapkan dua rumah sakit untuk menangani pasien dengan gejala corona.

“Kami menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Mochtar Bukittinggi dan RSUP M Djamil Padang untuk menangani pasien dengan gejala corona ini,” ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Selasa, (3/3).

Namun, sayangnya, meski dua rumah sakit di Sumbar direkomendasikan untuk menampung pasien diduga terinfeksi virus corona. Namun, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyarankan pelayanan pasien yang diduga terinfeksi virus corona jenis baru (COVID-19) akan langsung diarahkan ke RSUP M Djamil Padang.

“Rumah sakit rujukan ada dua yaitu RSUP M Djamil Padang dan RS Achmad Mochtar di Bukittinggi. Kami sudah meninjau RSUD Achmad Mochtar, ternyata peralatan belum mencukupi,” katanya saat meninjau ketersediaan sarana untuk pelayanan diduga corona di RSUD Achmad Mochtar di Bukittinggi, Selasa (3/3).

Saran itu setelah mendapati kesiapan RS Acmad Mochtar yang masih kekurangan sejumlah sarana pendukung. Ditambah saran dari direktur rumah sakit tersebut agar jika ada kasus diduga corona di wilayah tersebut sebaiknya segera dikirim langsung ke M Djamil Padang.

Dikatakannya, RSUD Achmad Mochtar hanya memiliki 14 alat pelindung diri (APD). Sedangkan, kebutuhan untuk satu siklus perawatan satu pasien selama 14 hari membutuhkan minimal 70 APD.

“RSUP M Djamil nanti kami tinjau juga, tapi kami yakin di sana peralatan lebih mencukupi dan bisa menerima pelayanan. Namun kita berharap corona tidak sampai ke sini,” katanya.

Dinyatakannya, pemerintah akan berjaga dan siap memberikan pelayanan bagi masyarakat mengingat banyak warga daerah tersebut yang berdagang ke luar negeri seperti Malaysia.

“Kami minta masyarakat lebih menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat misalnya dengan makan bergizi dan cuci tangan,” katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menginstruksikan agar direktur rumah sakit segera mengirimkan surat kepada Gubernur Sumbar terkait tambahan peralatan yang dibutuhkan agar dapat segera diteruskan ke pemerintah pusat untuk disediakan.

Direktur RSUD Achmad Mochtar dr Khairul mengatakan di rumah sakit sudah didukung sumber daya manusia yang memadai untuk penanganan penyakit tersebut.

Namun untuk dukungan peralatan, yang tersedia merupakan peralatan lama saat penanganan kasus flu burung pada 2007 lalu sehingga saat ini sudah tidak berfungsi baik.

Ia menyatakan sudah menyiapkan laporan mengenai peralatan yang dibutuhkan rumah sakit untuk mendukung pelayanan jika ada warga diduga terkena virus corona jenis baru. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional