Close

RPJMD Pedoman Kebijakan Pembangunan Daerah di Kabupaten Pasaman

SERAHKAN--Bupati Pasaman Benny Utama saat menyerahkan penghargaan kepada Nagari terbaik di Pasaman.

Dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) adalah merupakan pedoman dalam pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Kabupaten Pasaman, untuk peningkatan kesejahteraan masya­rakat yang nyata. Maka RPJMD Kabupaten Pasaman arah dan kebijaka­nya sudah disingkronkan de­ngan RPJMD Provinsi dan pusat. Dan upaya yang harus dilakukan a­dalah dengan bersinergikan semua program dari pusat sampai daerah serta mem­verifikasi dan validasi data termasuk percepatan penyerapan dana pem­bangunan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pasaman H Benny Utama saat membuka (Rakor) Rapat Kordinasi (Rakor) seluruh camat dan Wali Nagari se Kabupaten Pasaman di aula lantai III Kantor Bupati Pasaman, baru baru ini.

Bupati menambahkan, untuk program Pasaman sehat diupayakan pela­yanan kesehatan yang dekat dengan masyarakat, tentunya dengan membangun Polindes di setiap jorong dan semua pihak kiranya dapat mendukung termasuk Wali nagari dapat menganggarkan da­lam RPJMD. Dan untuk itu sebelumnya pihak wali Nagari harus terlebih da­hulu mempersiapkan lahan untuk pembangunan Polindes tersebut. Namun, tanah yang di sediakan, harus sesuai dengan standar pembangunan Polin­des dan proses harus sesuai dengan aturan yang ada.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman MN Susilo menambahkan, maksud dan tujuan diselenggarakanya kegiatan Rakor tersebut adalah agar semua pihak yang berkepentingan dapat mengetahui arah dan kebijakan pembangunan sekaligus untuk menyatukan pandangan dalam rang­ka percepatan pencapaian misi dan program prioritas yang tertuang dalam RPJMD.

Dalam Rakor tersebut Bupati Pasaman juga me­nyerahkan, beberapa peng­hargaan Nagari, Wali dan Camat berprestasi, di antaranya, penghargaan UPK peduli penyampaian laporan dana bergulir ex PNPM sampai kondisi ta­hun 2021, yang di raih oleh UPK Rao dan untuk KAN terbaik I diraih Nagari Durian Tinggi, terbaik II KAN Koto Rajo dan KAN Nagari Panti meraih terbaik III.

Sementara, untuk peng­hargaan dari Kementrian Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atas kesuksesan menyelesaikan pendataan SDGs tercepat di Indonesia diberikan kepada ”Agustimaizol (Camat Rao Utara), Irpan (Wali Nagari Koto Rajo), Muhammad Uldi (Wali Nagari Lubuak Layang), Adek Jumailis (Wali Nagari Simpang), Eki Noprismon (Ketua Pokja Nagari Durian Tinggi).

Sedangkan, untuk peng­­hargaan dari Bupati Pasaman dalam Lomba Nagari tahun 2021 di raih Nagari Li­mo.Koto sebagai terbaik I , Nagari Koto Rajo terbaik II , Nagari Tanjung Betung terbaik III dan Nagari Sim­­pang me­raih Harapan I.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama juga diserahkan RPJMD Kabupaten Pasaman ta­hun 2021- 2024 secara simbolis oleh Bupati Pasaman Benny Utama Kepada Camat Lubuksikaping, Wali Nagari Binjai dan Wali Nagari Padang Gelugur. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top