Menu

RPJMD Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021-2026 Disepakati jadi Perda  

  Dibaca : 88 kali
RPJMD Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021-2026 Disepakati jadi Perda  
Ketua DPRD Kabupaetn Tanah Datar H.Roni Mulyadi tandatangani nota kesepakatan.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021-2026 akhir­nya disepakati menjadi Pera­turan Daerah setelah delapan fraksi DPRD dapat menerima dan menyetujuinya. Hal ini diputuskan dalam Rapat Pari­purna DPRD yang digelar di di ruang sidang utama DPRD di Pagaruyung, Kamis (22/7).

 Sidang dipimpin Ketua DPRD H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu  didampingi Wakil Ketua DPRD Anton Yondra dan Sai­dani, bersama 25 orang ang­gota, serta turut dihadiri Wakil Bupati Richi Aprian, For­ko­pimda, Plh Sekda Edisusanto, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Kabag dan undangan lainnya

 Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu  sampaikan penetapan RPJMD 2021-2026 telah dirumuskan di masing-masing fraksi dan me­lalui tahapan pembahasan melalui tim pansus, tim ranperda serta koordinasi dengan selu­ruh perangkat daerah terkait.

 Dikatakannya, sesuai UU Nomor 23/2014 tentang Peme­rintahan Daerah yang menga­ma­natkan Kepala Daerah mem­punyai tugas di antaranya me­nyusun dan mengajukan rancangan Perda tentang RPJMD untuk dibahas bersama DPRD, dan ditetapkan paling lama 6 (enam) bulan setelah dilantik.

“Setelah diputuskan, selan­jutnya disampaikan kepada gubernur  dalam rangka eva­luasi Ranperda sesuai dengan ketentuan pasal 98 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pem­bentukan Produk Hukum Da­erah,” terang H. Rony.

 Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih dengan telah disepakati bersama Ranperda RPJMD 2021-2026 ditetapkan menjadi peraturan daerah melalui proses yang cukup melelahkan. “Alhamdulillah semua fraksi memberikan per­setujuan atas rancangan Pera­turan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Me­nengah Daerah tahun 2021-2026 ditetapkan menjadi pera­turan daerah,” sebut bupati.

Bupati katakan berbagai dinamika dalam proses pem­bahasan telah dilalui dengan semangat demokrasi, sinergi dan menjunjung nilai-nilai keber­samaan, sehingga sub­stansi dokumen RPJMD yang diajukan telah mengalami pena­jaman dan penyempurnaan atas masukan dan saran Panitia Khusus DPRD Kabupaten Tanah Datar.

 “Kami sangat mengapreasi kepedulian dan dukungan yang diberikan oleh anggota DPRD yang terhormat selama pem­bahasan yang telah bekerja tanpa mengenal lelah bersama tim Ranperda pemerintah da­erah beserta perangkat daerah terkait, terutama dalam me­wujudkan arah kebijakan umum dan program jangka menengah daerah, indikasi rencana program prioritas yang disertai kebutuhan pendanaan dalam rangka mewujudkan visi Kabu­paten Tanah Datar tahun 2021-2026 yaitu “Terwujudnya Kabu­paten Tanah Datar Madani Yang Berlandaskan Adat Ba­sandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”,” sampai bupati

 “Terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh kom­ponen masyarakat atas du­kungan dalam tahapan  RPJMD, ­selanjutnya kami telah ber­upaya menerima sumbang saran dan pemikiran penyem­purnaan ranperda ini, baik secara langsung maupun tidak langsung dari berbagai kom­ponen masyarakat sesuai ara­han umum program prioritas daerah,” ucap Bupati.

 Di akhir arahannya, Bupati juga harapkan dengan dite­tapkannya Peraturan Daerah tentang RPJMD Tahun 2021-2026 kepada organisasi pe­rangkat daerah segera me­nyiap­kan rencana strategis perangkat daerah sesuai uru­san kewenangan masing-masing berpedoman kepada RPJMD Tahun 2021-2026 dan dalam melaksanakan tugas dan fungsi  saling berkoordinasi dan harmonis sehingga saling se­iring sejalan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya

“Juga kepada pimpinan dan anggota DPRD serta selu­ruh komponen masyarakat untuk bersama-sama men­dukung pelaksanaan pem­bangunan, kita kawal dan kita evaluasi demi memberikan yang terbaik bagi daerah ini,” pesannya

Sebelumnya, Ketua Pan­sus Dedi Irawan sampaikan hasil pembahasan bersama dengan Tim Ranperda RPJMD 2021-2026 dengan beberapa catatan di antaranya untuk kinerja pendapatan daerah ke depan­nya lebih mengoptimalkan retribusi dan pajak berdasarkan NJOP, peningkatan ekonomi, diharapkan ketersediaan sa­rana dan prasarana seperti irigasi, ketersediaan pupuk dan akses jalan.

 Selanjutnya, di bidang pendidikan diharapkan infras­truktur harus memadai untuk menghasilkan SDM yang ung­gul, bidang pariwisata agar mengoptimalkan pengelolaan destinasi wisata.

 Di akhir pendapat pansus, Dedi juga sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ide, saran dan masukan dalam merumuskan Ranperda RPJMD 2021-2026 untuk dapat dilaksanakan guna pembangunan Kabupaten Ta­nah Datar lima tahun ke depan. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional