Menu

Rp167 Miliar Dana Desa untuk 182 Nagari

  Dibaca : 487 kali
Rp167 Miliar Dana Desa untuk 182 Nagari
Ilustrasi

PESSEL, METRO – Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019 telah menerima kucuran Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp.167 Miliar. Dimana ADD tersebut telah disalurkan ke 182 Nagari di 15 Kecamatan, di Kabupaten Pesisir Selatan. Dan penyerapan Dana Desa tahun 2019 harus mencapai 75 %.Kamis (14/11).

Kepala Dinas BPMKB dan Pemberdayaan Perempuan Hamdi ketika dihubungi, menegaskan, melalui Kementerian Pedesaan Tertinggal (PDT) pada tahun 2019 telah mengucurkan anggaran dana desa sebesar Rp.167 miliar. Untuk nantinya dibagikan ke 182 nagari di 15 Kecamatan di Kabupaten Pessel.

“Setiap nagari beda – beda besaranya, satu nagari ada menerima Rp.700 – Rp. 1 juta rupiah,” kata Hamdi.

Dijelaskannya, penyerahaan besaran dana desa untuk 182 nagari sedang dalam penyusunan anggaran. Dalam menentukan besaran dana desa ini ada beberapa indikatornya, seperti jumlah penduduk, desa pembangunan, jumlah keluarga miskin dan indikator lainya yang telah diatur dalam ketentuan.

Untuk mempersiapkan tenaga teknisnya BPMKB Pessel sedang mengutus pelatihan ke Kementerian PDT, sebelum dilakukan pembagian anggaran dana desa. Ujar Kadis BPMKB dan Pemberdayaan Perempuan.

“ Untuk penyerapan dana desa, penyerapan ADD maksimal mencapai 75 %,” Kata Hamdi.

Hamdi menghimbau kepada walinagari penerima bantuan dana nagari bisa jelas melaporkan penggunaan dana nagari, baik melalui spanduk dan baliho ataupun melalui media massa. Pampang di Nagari agar masyarakat tahu tentang anggaran yang dipakai di nagarinya.

Diharapkan walinagari bisa menggunakan anggaran ini dengan benar, sesuai dengan keperluan prioritas di nagarinya. Akhirnya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional