Close

Roy Suryo Bisa Dipidana Gegara Unggahan Stupa Mirip Jokowi

Abdul Fickar Hadjar Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti

JAKARTA, METRO–Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar merespons unggahan Roy Suryo soal dua foto editan stupa Candi Borobudur yang mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kedua foto yang disebut hasil editan tersebut viral di media sosial seusai diunggah Roy Suryo pa­­da akunnya di Twitter. Polri pun sudah bergerak untuk mengusut unggahan itu. Abdul menyebut sebelum polisi ber­tindak, harus dite­liti apakah konten yang beredar itu merupakan sebuah pelanggaran terhadap undang-undang.

Sebab, kata dia, pengertian mirip itu tidak berarti sama. “Jadi, harus dipastikan dahulu berdasarkan putusan pengadilan bahwa gambar itu sama,” kata Abdul kepada JPNN.com, Rabu (15/6).

 Abdul mengatakan bila putusan pengadilan menyatakan gambar itu sama, perbuatan Roy Suryo bisa dinilai sebagai tindakan melanggar hukum.  “Konten itu dinyatakan sama maka perbuatan RS dapat dinilai sebagai perbuatan yang ikut menyebarkan konten yang dilarang UU,” tegas Abdul. Sebaliknya, lanjut dia, bila tidak sama, harus ada putusan pengadilan yang menyatakan perbuatan memodifikasi foto itu sebagai perbuatan melanggar UU.

“Harus ada dahulu putusan pengadilan yang menyatakan perbuatan memodifikasi fo­to itu sebagai per­buatan melanggar UU, terhadap RS dapat dikena­kan proses hukum,” tegas Abdul.

Roy Suryo meng­unggah dua foto editan stupa di Candi Borobudur yang mirip Presiden Joko Widodo pada akun @KRMTRoySuryo2 di Twitter. Roy Suryo juga telah meng­kla­rifikasi perihal unggahannya tersebut.

Menurut Roy, dua meme yang diunggahnya itu bukan buatannya. Sebab, dia hanya mengunggah ulang dilengkapi identitas akun asli pengunggah kedua meme tersebut.

“Justru itu saya sengaja menampilkan unggahan-unggahan yang sudah ada sebelumnya,” kata Roy Suryo saat dikonfirmasi JPNN.com, Selasa (14/6). Adapun foto itu viral karena dikaitkan dengan kenaikan tarif masuk ke salah satu situs bersejarah tersebut. (cr3/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top