Close

Ronny Pahlawan akan Audit Keuangan di KONI Sumbar

Ronny Pahlawan Ketua KONI Sumbar

PADANG, METRO–Ketua KONI Sumbar ma­sa bakti 2021-2025 Ronny Pah­lawan tidak ingin tersangkut dengan masalah hukum nan­tinya, menyangkut dengan pertanggung jawaban keua­n­gan negara setelah estafet kepengurusan dari Plt Ketua Hamdanus.

Sehingga agaknya Ia bersama pengurus saat ini kerja keras untuk membersihkan keuangan yang digunakan Plt selama ini. Sebab, salah langkah bisa-bisa dia jadi tersangka menggunakan dana KONI.

Agar hal itu tak terjadi, pria low profile ini Wajar menginginkan agar keuangan KONI Sumbar sebelumnya dilakukan audit internal maupun eksternal.

Apalagi bantuan yang di­berikan kepada beberapa cabang olahraga seperti PASI, Kurash, PSOI, PBSI, Petanque, Hapkido, Wushu, Perserosi, Criket, Domino, Fasida dan Pordasi jelas pelaksanaannya dan penggunaannya.

“Untuk audit eksternal kita akan libatkan Inspekto­rat. Masalah keuangan harus transparan agar semua o­rang tahu kemana aliran dana APBD,” ujar Ketua KO­NI Sumbar, Ir. Ronny Pahlawan, kepada pers Senin (1/8) di kantor KONI Sumbar

Diakui Ronny, pengurus saat ini terkendala dengan laporan pertanggungjawaban keuangan pengurus sebelumnya. Sehingga tak bisa menggunakan anggaran yang sudah di plot untuk atlet. Padahal uang untuk atlet berkisar Rp 800 juta sudah ada.

“Hamdanus belum me­nyerahkan laporan pertanggungjawaban keuangannya. Saya dalam minggu ini akan koordinasi dengan Kadispora Sumbar dan KONI Pusat bagaimana melakukan pen­cairan dana atlet. Karena atlet sangat butuh,” ucapnya.

Akibat lainnya yang ditimbulkan dari belum beresnya administrasi di masa sebe­lumnya, beberapa program strategis pengurus saat ini juga tak bisa berjalan.

“Semua program untuk menghadapi Porwil 2023 su­dah kita rancang dengan baik. Tinggal action saja lagi. Sebelum action, tentu harus berjelas jelas dulu administrasi sebelumnya, sehingga tak timbul masalah di kemudian hari,” pungkasnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top