Close

Roni Nekat Jual Mobil yang Dirental, 6 Pelajar SMP jadi Spesialis Pembobol Toko di Sijunjung

KONFERENSI PERS— Kapolres Sijunjung AKBP M Ikhwan Lazuardi didampingi Kasatreskrim AKP Abdul Kadir Jaelani melakukan konferensi pers terkait penangkapan pelaku penggelapan mobil rental dan enam pelajar SMP yang membobol toko.

SIJUNJUNG, METRO–Polres Sijunjung me­nangkap seorang pelaku penggelapan mobil rental. Pelaku bernama Roni Syah­p­utra (37) warga Jo­rong Sibisir, Nagari Timbu­lun, Kecamatan Tanjung Ga­dang, Sijunjung. Pelaku sengaja merental mobil dan kemudian menjualnya.

Perbuatan itu bermula pada tanggal 20 Agustus 2021 kemarin, pelaku me­rental mobil jenis Toyota Calya dengan Nopol BA 1197 KH yang bertempat di Muaro Gambok, Sijunjung. Hampir satu bulan berlalu, pelaku tak ada kabar untuk mengembalikan mobil yang dirental, hingga kor­ban pun membuat laporan ke Polres Sijunjung.

Kapolres Sijunjung AK­BP Muhammad Ikhwan La­zuardi, menerangkan bah­wa penangkapan pela­ku dilakukan setelah polisi menerima laporan dari korban. “Kita mulai mela­kukan penyelidikan, men­cari tahu keberadaan pela­ku dan barang bukti,” tutur Kapolres Sijunjung didam­pingi Kasat Reskrim AKP Abdul Kadir Jaelani.

Setelah mendapat in­for­masi keberadaan pela­ku, polisi pun langsung ber­ge­rak melakukan penang­kapan. “Kita ketahui saat itu pelaku sedang di ru­mahnya, di Nagari Timbu­lun, Kecamatan Tanjung Ga­dang, dan langsung me­la­kukan penangkapan,” ujarnya.

Dari keterangan pela­ku, mobil rental tersebut telah dijual seharga Rp25 juta. “Mobil dijual pelaku kepada seseorang di Keca­matan Tanjung Gadang, digadaikan sebesar Rp25 juta,” tambah­nya. Rabu (29/9)

Komplotan Pencuri di Bawah Umur

Selain tindak kejahatan penggelapan, Satreskrim Polres Sijunjung juga me­ng­ungkap tindak pidana pencurian dengan pembe­ratan yang dilakukan oleh komplotan anak dibawah umur.

Meskipun masih rema­ja, komplotan pencuri anak di bawah umur yang berak­si di tiga TKP di Muaro Sijun­jung ini terbilang profe­sional. Dengan beranggo­takan enam  orang para pelaku berhasil mengambil barang berharga dan se­jumlah uang.

Tiga TKP tersebut ber­tempat di Muaro Sijunjung, di antaranya Toko Mainan di Jorong Pulau Barambai, Toko Sepatu dan  Laundry yang berada di depan Pol­res Sijunjung pun berhasil dibobol.

“Mereka berjumlah enam orang, semuanya masih di bawah umur. Na­mun yang kita amankan hanya empat orang, seka­ligus barang bukti hasil curian pelaku di tiga TKP,” terang Kapolres Sijunjung.

Para pelaku diketahui masih berstatus pelajar yang duduk di SMP. “Dian­tara mereka berenam ada satu orang yang meru­pakan otak p elaku, mereka belajar berhasil membobol toko dengan cara me­man­jat dinding toko,” sebutnya.

Dari enam pelaku ter­sebut di antaranya berasal dari Kabupaten Sijunjung dan Kota Sawahlunto. Para pelaku yang diamankan polisi berinisial HR (15) beralamat di Muaro Gam­bok Sijunjung, AP (14) ala­mat Batu Balang, Koto VII Sijunjung, IN (15) alamat Aia Dingin, Kota Sawah­lunto dan  AZI (15) alamat Pasar Jumat, Muaro Sijun­jung. Pelaku kini telah dia­mankan Polisi untuk proses hukum lebih lanjut. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top