Close

Rombongan PKK Pekanbaru Tinjau Outlet UMKM Kota Solok

KUNJUNGI UMKM— Rombongan TP PKK Pekanbaru mengunjungi pelaku UMKM kerajinan tenun dan outlet UMKM di Balaikota Solok.

SOLOK, METRO–Rombongan Ketua TP-PKK Pekan­baru yang diwakili Kepala Dinas DPPPA Khairani berkunjung ke Kantor Balaikota Solok untuk melihat secara lansung outlet UMKM kota Solok yang ada di lobi kantor Balaikota. Kunjungan ketua TP-PKK Pekanbaru dan rombongan turut diiringi ketua TP-PKK Kota Solok Ny Zulmiyetti Zul Elfian, Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok Donna Ramadhani Kirana Putra dan pengurus Penggerak TP-PKK Kota Solok, Senin (10/1).

DiOutlet produk UMKM mereka melihat sejumlah produk kerajinan khas Kota Solok mulai dari batik, Songket, sepatu hingga kuliner.  Salah satu yang paling menarik bagi Rombongan adalah songket dengan corak motif agak beda.

Diakui Khairani, Keberadaan outlet UMKM di kantor Balaikota Solok meru­pakan langkah kreatif dan inovatif dalam mempromosikan produk-produk kera­jinan hasil karya UMKM kota Solok, sebab kantor Balaikota sebagai pusat pemerintahan pastinya sering dikun­jungi.

“Tidak salah jika kita melakukan studi tiru ke kota Solok ini, lokasinya strategis menjadi daya tarik sendiri, Kantor Balaikota adalah lokasi yang pastinya dikunjungi semua orang, baik ma­syarakat yang ada urusan administratif maupun tamu-tamu dari berbagai daerah baik didalam Propinsi maupun dari luar,” ungkapnya.

Selain itu, sebutnya, dengan adanya fasilitasi gedung promosi ini akan meransang para pelaku UMKM untuk semakin bersemangat dalam me­ngem­bangkan hasil kerajinannya, ditambah lagi dengan aktifnya dinas terkait dan Dekranasda dalam membimbing pelaku usaha. “Yang salutnya kami, kerajinan yang ada disini dipasok dari UMKM yang tumbuh dan berkembang di kota Solok sendiri. Ini sangat bagus dalam meran­sang gairah usaha masyarakat, apalagi produknya sudah sangat layak jual,” tambahnya.

Ia juga mengaku bersedia mem­bantu memfasilitasi dan mendorong pemasaran produk UMKM kota Solok di Kota Pekanbaru . Dikatakannya, banyak peluang pasar yang bisa diambil untuk menjual produk UMKM kota Solok. Sebut saja batik, yang bisa dijadikan pakaian resmi pegawai.

Disisi lain, Ketua TP PKK Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian Umar dalam sambutannya menyampaikan berbagai program PKK dan pelaksanaan 10 Program pokok PKK di Kota Solok serta prestasi prestasi apa saja yang berhasil diraih oleh TP PKK Kota Solok.

Kemudian, Ketua Dekranasda kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian mengaku sangat senang dengan adanya respon positif dari Dekranasda Kota Pekanbaru. Kedepan, pihaknya akan lebih mening­katkan baik kualitas maupun kuantitas produk yang dihasilkan.

Keberadaan outlet UMKM juga diharapkan mampu menunjang sektor pariwisata kota Solok. Wisatawan tidak perlu bingung lagi untuk mencari produk-produk khas kota Solok yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh.  (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top