Close

Riza Falepi: Bakal Jadi Agenda Nasional, Alek Buru Babi bisa Menghidupkan  Perekonomian Masyarakat

BERBURU BABI—Riza Falepi berada di lokasi buru babi di Nagari Taram, Limapuluh Kota, baru-baru ini.

POLIKO, METRO–Ketua Persatuan Olah Raga Buru Babi (PORBBI) Provinsi Sumatera Barat H. Riza Falepi ST, MT, Dt. Rajo Kaampek Suku menargetkan iven alek baburu untuk menjadi agenda dalam kalender nasional. Hal ini disampaikannya kepada media usai membuka Alek Baburu Nagari Taram yang diselengga­rakan di Nagari Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (5/6).

Riza yang didampingi Pengurus PORBBI Sumbar seperti Andi Teropong, Utiah, Syaiful, Doni Saputra, dan lainnya juga di­dam­pingi Ketua PORBBI Kota Payakumbuh Robby Setyadi H mengatakan pihaknya mencoba me­nya­lurkan aspirasi buru babi sebagai bagian dari pariwisata, sehingga bisa mem­berikan dampak ekonomi kepada masyarakat.

“Ketika alek baburu babi digelar, warga bisa berjualan dan menikmati serunya menonton berburu babi. Contohnya saat ini banyak kegiatan jual beli, artinya alek buru babi ini berjalan sangat terasa, bahkan bisa membantu masya­rakat terdampak krisis pasca pan­demi Co­vid-19,” ujarnya.

Riza yang merupakan Wali Kota Payakumbuh itu juga menambahkan, se­telah digelar di Taram ini, PORBBI Sumbar juga su­dah mengagendakan jadwal alek buru babi secara bergilir di seluruh kota/kabupaten di Sumatera Barat.

“Tak hanya sebagai ajang membasmi hama saja, alek buru babi dapat memberikan kontribusi besar kepada ekonomi UMKM. Apalagi kalau nan­ti kita bisa mendatangkan wisatawan dari luar Sumbar,” pungkasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top